Tarsius Hewan Endemik Indonesia | binatang.web.id
harga update
Sedang memuat....Tarsius Hewan Endemik Indonesia....

Tarsius Hewan Endemik Indonesia

TarsiuHewan Endemik Indonesia – Tarsius Gengs, kali ini saya akan membahas sedikit tentang hewan yang sangat langka ini. Tarsius, primata kecil dan unik ini sedikit mirip dengan monyet ya teman. Ukurannya juga sangat mini yaitu sekepalan tangan manusia.  Sedikitnya terdapat 9 jenis Tarsius yang ada di dunia. 2 jenis berada di Filipina sedangkan sisanya 7 jenis terdapat di Sulawesi Indonesia.

Memang Indonesia kaya akan keanekaragaman satwanya ya gengs, berbangga hatilah kalian yang menjadi warga negara Indonesia, hehee. Back to the topic, yang paling dikenal adalah dua jenis yang terdapat di Indonesia yaitu Tarsius tarsier (Binatang Hantu / Kera Hantu) dan Tarsius pumilus (tarsius kerdil, krabuku kecil atau Pygmy tarsier). Kesemua jenis tarsius termasuk binatang atau hewan langka di dunia dan hewan yang dilindungi ya gengs.

Tarsius Hewan Endemik Indonesia

Tarsius Hewan Langka yang Dilindungi

Tarsius adalah makhluk nokturnal

Tarsius adalah makhluk nokturnal yang melakukan aktivitas pada malam hari dan tidur pada siang hari. Oleh karna sebab itulah Tarsius berburu makanan pada malam hari. Mereka memangsa serangga seperti kecoa, jangkrik, dan kadang-kadang reptil kecil lainnya, burung, dan juga kelelawar sebagai makanannya. Hewan ini juga menandai pohon pohon sebagai tanda daerah teritori mereka dengan urine sama sepertihalnya yang dilakukan oleh hewan seperti harimau, singa, kucing, anjing dan juga hewan lainnya.

Tarsius hewan endemik indonesia berpindah-pindah tempat dengan cara melompat dari pohon ke pohon dengan jarak lompatan sejauh 3 hingga bisa 4 meter. Tarsius termasuk hewan lincah. Hewan ini benar-benar sangat bergantung pada pepohonan untuk menjalani kehidupannya, bahkan untuk tidur dan melahirkan sekalipun dengan terus bergantung pada batang pohon. Untuk masa  Kehamilan  Tarsius berlangsung selama enam bulan utuk hewan tarsius melahirkan seekor anak.

Tarsius Hewan Endemik Indonesia

Tarsius Hewan Endemik Indonesia

Satuhal yang tidak bisa hewan Tarsius lakukan yaitu hewan ini tidak dapat berjalan di atas tanah layaknya hewan primata lainya seperti monyet, mereka melompat ketika berada di atas tanah. Tarsius bertubuh kecil dengan mata yang sangat besar layaknya seperti mata burung hantu, matanya belo gengs hahahaha, tiap bola mata Tarsius berdiameter sekitar 16 mm dan keseluruhan berukuran sebesar otaknya.

 Kaki belakangnya juga sangat panjang. Tulang tarsus (rangka) di kaki tarsius sangat panjang, dan dari tulang tarsus (rangka)  inilah nama tarsius berasal.

Panjang kepala dan tubuhnya 10 sampai 15 cm, namun kaki belakangnya hampir dua kali panjang ini, mereka juga punya ekor yang ramping sepanjang 20 hingga 25 cm. Jari-jari mereka juga memanjang, dengan jari ketiga kira-kira sama panjang dengan lengan atas. Membantunya untuk melompat dari dahan yang satu ke dahan yang lainnya dengan mudah.

Di ujung jarinya ada kuku namun pada jari kedua dan ketiga dari kaki belakang berupa cakar yang digunakan untuk mencengkram batang-batang pohon. Tarsius mempunyai bulu yang sangat lembut bisanya berwarna jingga muda, cokelat muda atau kuning  cokelat abu-abu.

Demikian ulasan dari kami team pecinta hewan megenai  Tarsius Hewan Endemik Indonesia semoga bisa memberikan manfaat terimakasih !!!

Kata kunci pencarian:

Tarsius Hewan Endemik Indonesia | jaddoel | 4.5
/* */