Tips Merawat Bulu Kucing Anggora

Tips Merawat Bulu Kucing Anggora – Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Kucing Anggora adalah bulunya yang lebat dengan ukuran tubuh yang proporsional. Kucing hias memang menjadi hewan peliharaan yang termasuk banyak peminatnya di Indonesia. Kucing Anggora sendiri berasal dari daerah daratan Eropa yaitu di negara Turki.

Kucing Anggora memiliki daya tarik tersendiri dimata para catlovers. Daya tarik itu datang dari kecantikan penampilannya yang menawan. Dengan ukuran tubuh yang terbilang tinggi dan memiliki perpaduan kelebatan bulu didaerah tertentu. Akan tetapi, sebagian orang menyebut kucing ini sebagai kucing pemalas. Kenapa demikian ? Karena jika kita bandingkan dengan kucing lainnya, jenis kucing Anggora ini tidak lincah dan suka bermalas-malasan daripada berlari-larian serta kucing ini juga tidak menyukai semua jenis makanan. Sedikit merepotkan juga memelihara kucing ini, akan tetapi dapat terbayarkan dengan kecantikan yang dimilikinya.

Sebagai kucing pemalas, kucing Anggora tidak bisa mengurus bulunya sendiri. Oleh karena itu sobat sebagai majikan / sahabat dari kucing ini harus membantunya dalam melakukan perawatan bulu agar kucing Anggora sobat semakin menawan. Lalu bagai mana tips merawat bulu kucing Anggora ? Mari simak tips dari teambinatang.net berikut ini:

1. Bersihkan Mukanya
Pertama-tama sobat harus membersihkan bulu-bulu mati yang berada diwajahnya. Sobat dapat menggunakan kain lap yang berbahan lembut agar tidak melukai wajah si kucing. Basahi kain lap ini dengan air lalu diperas. Setelah itu sobat bisa membersihkan wajah kucing Anggora secara perlahan lahan di daerah mata, hidung dan mulut. Agar si kucing tidak memberontak peganglah dia dengan penuh perasaan. Hal ini dilakukan agar si kucing tidak merasa tertekan.

2. Sisir Bulunya
Untuk urusan sisir menyisir, sobat harus melakukannya setiap hari. Kenapa demikian ? Karena dengan menyisir bulu kucing Anggora yang sudah mati atau terlepas dapat dihilangkan sehingga penampilan si kucing pun akan tampak rapi. Apabila bulu yang sudah mati dibiarkan menempel pada tubuh kucing Anggora, maka pertumbuhan bulu baru yang lainnya akan terganggu dan mengakibatkan bulu baru ini menjadi kusut. Selain itu, bulu mati yang menempel ditubuh si kucing akan membentuk hairball. Apabila si kucing menjilati badannya kemudian tidak sengaja memakan hairball ini maka akan berdampak berbahaya bagi kesehatan kucing sobat. Menyisir juga memiliki dampak positif bagi peredaran darah si kucing.

3. Mandikan Kucing
Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang takut dengan air. Berbeda dengan kucing bengal ataupun savannah. Akan tetapi, si kucing juga perlu dimandikan agar bulu si kucing tetap terawat dan terhindar dari kutu. Mandikanlah kucing sobat satu minggu atau dua minggu sekali. Perlu diperhatikan, memandikan kucing Anggora harus menggunakan shampo khusus kucing. Pilihlah jenis shampo yang dapat mengatasi bakteri, jamur dan kutu.

4. Makanan
Jangan menganggap remeh sebuah makanan. Makanan bukan hanya dapat mempengaruhi pertumbuhan badan kucing, tetapi dapat pula mempengaruhi pertumbuhan bulu serta kesehatan bulu-bulu baru yang tumbuh. Seperti pada tulisan kami sebelumnya, bahwa kucing Anggora tergolong hewan yang pemilih dalam hal makanan. Sobat bisa memberikan hewan ini Dry Food, Wet Food maupun Raw Food.

Seperti yang telah kita ketahui kucing Anggora memiliki perawatan yang optimal serta pemilih dalam hal makanan, akan tetapi semua itu dapat terbayarkan oleh kecantikan dan keindahan bulu yang berjejer di tubuh kucing asal Turki ini. Selain itu kucing Anggora juga memiliki tubuh yang proporsional. Demikianlah informasi dari kami mengenai tips merawat bulu kucing anggora. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu sobat dalam melakukan perawatan terhadap bulu kucing anggora kesayangan sobat dan dapat mengabadikannya dalam bentuk foto kucing anggora. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Salam hangat, team binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts