Tips Memperkenalkan Kucing kepada Anjing atau Sebaliknya

Memperkenalkan anjing baru kepada kucing, atau kucing baru ke anjing, tidaklah sesulit yang kita pikir. Anda dapat memiliki rumah yang berisi berbagai binatang yang harmonis dengan hanya sedikit perawatan dan perhatian. Dengan mengikuti beberapa langkah berikut, Anda dapat belajar bagaimana memperkenalkan kucing kepada anjing, atau sebaliknya.

  1. Amankan anjing dengan tali sebelum membawanya ke dalam ruangan dengan kucing. Ini akan membantu Anda untuk menenangkan anjing dan memastikan tidak ada gerakan atau serangan secara tiba-tiba.
  2. Bicaralah dengan nada tenang ketika memperkenalkan anjing ke kucing, atau sebaliknya, dan ingat bahwa hewan dapat merasakan ketegangan.
  3. Mungkin butuh beberapa hari untuk beberapa hewan menyesuaikan diri, mungkin bisa berbulan-bulan. Ini benar-benar tergantung pada temperamen, identitas sosial, dan status keluarga masing-masing hewan. Anjing cenderung lebih energik dan karena itu bisa tampak gangguan bagi beberapa kucing. Selalu pertimbangkan kepribadian dari hewan dan coba untuk mengawasi interaksi mereka dengan seksama dalam minggu-minggu pertama.
  4. Biarkan anjing atau kucing untuk menjelajahi satu sama lain dengan waktu mereka sendiri.
  5. Membagi perhatian yang sama antara kucing dan anjing. Hindari tindakan yang bisa menyebabkan kecemburuan, seperti menenangkan kucing atau menghibur kucing jika anjing menyalak. Cobalah untuk tidak memarahi atau menaikkan suara Anda jika salah satu atau kedua hewan bertindak agresif terhadap satu sama lain.
  6. Biarkan kucing Anda sendiri, terutama untuk beberapa minggu pertama. Kucing menikmati waktu sendirian dan ruang mereka sendiri, terutama pada saat meningkatnya ketidakamanan. Pendekatan antara kucing dan anjing biasanya lebih sulit bagi kucing. Tempatkan tempat tidur khusus dimana anjing tidak bisa mencapainya, atau membiarkan kucing untuk tinggal di ruangan sendirian. Pastikan kucing memiliki akses ke makanan, air dan litter box nya, dan pastikan anjing tidak bisa masuk ke markasnya.
  7. Pisahkan kucing dan anjing ketika Anda pergi sampai mereka benar-benar terbiasa berdua.
  8. Perhatikan bagaimana binatang bereaksi terhadap satu sama lain. Carilah tanda-tanda bahwa mereka mulai terbiasa dengan satu sama lain. Anjing mungkin menunjukkan kasih sayang dengan mengibaskan ekor atau menjilat, sedangkan kucing bisa mendengkur atau menggosok anjing, atau bahkan tinggal di sekitarnya.

Sekian tipsnya, semoga kucing dan anjing anda dapat bersahabat dan tidak bertengkar.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment