Tips Memelihara Ular

Memelihara ular berbeda dari memelihara anjing ataupun kucing. Ular memerlukan kondisi hidup dan makanan tertentu untuk tumbuh subur. Untuk itu, penting bagi kamu yang ingin memelihara ular untuk memahami cara merawatnya sebelum kamu membawanya ke rumah. Berikut panduan memelihara ular.

Beberapa peralatan yang kamu butuhkan:

1. Kandang kaca (akuarium)

2. Mangkuk air

3. Pemanas

4. Lampu/ sumber Cahaya

5. Batu

6. Makanan ular (tikus)

 

Berikut langkah-langkah memelihara ular:

1. Belikan/buatkan kandang kaca (akuarium) untuk ular kamu, harus cukup besar baginya untuk melingkar dan menjalar, dan juga memiliki ruang untuk aksesoris lainnya (seperti mangkuk, batu, lampu/cahaya dan elemen pemanas).

2. Berikan makanan daging untuk ular kamu, seperti tikus, karena ular adalah karnivora dan biasanya perlu makan daging satu sampai dua kali dalam seminggu. Untuk ular yang lebih besar, memerlukan makanan yang cukup besar, kamu bisa memberikan mereka kelinci bukan tikus kecil lagi. Pastikan makanannya sudah mati, karena biasanya tikus dan kelinci yang hidup dapat menyerang ular peliharaan kamu, juga dapat membahayakan dirinya.

3. Bantulah ular peliharaan kamu ketika ia akan berganti kulit. Ular berganti kulit mereka kira-kira setiap tiga bulan, selama waktu ini, kamu mungkin perlu tambahan air ke dalam mangkuk, agar ular dapat merendam dirinya, sebaiknya airnya diganti lebih sering. Jika ular kamu mengalami kesulitan melepaskan kulitnya, gosok perlahan-lahan dengan jari kamu.

4. Periksa hidung dan mata ular kamu setiap satu minggu. Hal ini penting jika kamu memiliki ular yang suka melarikan diri dari kandangnya. Biasanya, ular ini akan menggunakan hidung mereka untuk membebaskan diri yang dapat menyebabkan cedera bagi dirinya, dan juga mata ular akan terlihat berbeda, jika mereka sedang kelelahan, tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirinya.

5. Bawalah ular peliharaan kamu ke dokter hewan, setidaknya satu kali dalam setahun. Penyakit atau cedera yang kamu tidak dapat mendeteksinya akan ditemukan dalam pemeriksaan. Ini akan membantu memperpanjang umur ular peliharaan kamu.

6. Bersihkan tempat tinggal atau kandang ular kamu setiap seminggu sekali. Cobalah untuk melakukannya pada waktu yang telah ditentukan (teratur), selalu pada hari yang sama. Pembersihan ini harus mencakup penghapusan dari setiap parasit dan kotoran lainnya.

Semoga ular peliharaan kamu selalu senang dan sehat. Sekian Tips Memelihara Ular, semoga bermanfaat.

 

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment