Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula

Kelinci adalah hewan mamalia yang banyak di gemari oleh manusia untuk di pelihara. Tingkahnya yang lucu dan bulunya yang indah membuat daya tarik sendiri untuk dipelihara .

Untuk anda seorang pemula yang ingin memelihara kelinci, alangkah baiknya mengikuti beberapa tips yang akan di sampaikan di artikel ini supaya anda tidak bingung ketika memelihara kelinci dan bisa memberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik untuk kelinci anda.

Berikut beberapa Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula :

1.  Jangan membeli kelinci anakan dibawah umur 2 bulan

Usahakan jika anda ingin membeli kelinci untuk di pelihara jangan membeli kelinci anakan di bawah 2 bulan, karena anakan kelinci rentan terhadap penyakit dan perlu pelakuan khusus oleh ahlinya. Belilah Kelinci yang berumur lebih dari 4 Bulan.

2. Kelinci di bawah umur 3 Bulan lebih baik  tidak di bawa pergi lebih dari 100KM

3.  Kelinci perlu minum

Banyak yang bilang, kelinci tidak perlu minum, setiap makhluk hidup tentu perlu minum. Jadi sediakanlah wadah yang berisi air minum di pinggir kandang kelinci atau dimana saja asalkan terjangkau oleh si kelinci.

4. Beri pakan yang terbaik

Pakan untuk kelinci sangat perlu untuk di perhatikan, wortel adalah makanan yang terbaik untuk kelinci. Kandungan gizi yang besar membuat wortel menjadi pakan terbaik untuk kelinci. Hindari juga memberi pakan wortel busuk dan tidak di cuci terlebih dahulu karena ini bisa berpotensi menjadi penyakit untuk kelinci.

5. Perhatikan kebersihan kandang

Kebersihan kandang sangat perlu di perhatikan oleh si pemelihara kelinci. Karena kandang yang kotor dapat berpotensi menyebabkan penyakit bagi si kelinci. Tentulah anda tidak ingin kelinci anda sakit bukan ? Rutinlah membersihkan kandang kelinci .

6. Hindari pemberian pakan pelet

Pelet atau pakan yang di padatkan kurang baik untuk kelinci umur dibawah 3 bulan. Pakan yang bagus buat kelinci selain wortel adalah rumput. Tidak apa-apa memberi pelet sebagai pakan tapi jangan terlalu banyak karena pelet dapat memberatkan pencernaan kelinci.

7. Perhatikan kebersihan air minum

Tidak sedikit kabar dikalangan pemula yang baru memelihara kelinci bahwa air dapat membunuh kelinci. Sebenarnya bukan air yang membunuh kelinci melainkan bakteri bakteri yang muncul karena kebersihan wadah atau air yang kurang terjaga. Gantilah air secara berkala dan jangan lupa untuk membersihkan wadah air minum dari kotoran yang menempel.

Demikianlah artikel mengenai Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Binatang.Net dan update terus informasi anda tentang dunia binatang . Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment