Tips Memelihara Burung Merpati

Merpati telah lama menjadi burung yang disukai banyak orang, terbukti dengan banyaknya merpati yang dijadikan sebagai binatang peliharaan. Burung merpati memiliki keunikan yang menyenangkan, mereka tidak seperti burung lainnya. Merpati populer dikalangan pecinta burung karena mereka memiliki naluri homing atau burung yang mengerti dan selalu pulang ke kandang/rumahnya.

Mereka merupakan hewan peliharaan yang baik. Memelihara merpati tidaklah sulit, asalkan Anda konsekuen dan konsisten. Berikut ini beberapa tips buat Anda yang ingin memelihara burung merpati.

1 . Membuat atau membeli kandang/rumah merpati.

Sama seperti binatang lain, merpati perlu tempat perlindungan. Menambahkan tambahan seperti tempat bertengger dan lapisan kandang untuk menjaga merpati tetap hangat, akan membuatnya hidup lebih nyaman. Jika Anda memiliki hewan peliharaan lain, seperti kucing atau anjing, pastikan bahwa mereka tidak bisa masuk ke kandang merpati.

2 . Beri makan merpati Anda secara teratur.

Kebanyakan merpati suka makan biji-bijian. Anda juga dapat memberikan makanan seperti beras, kacang, jagung, dan makanan merpati lainnya. Makanan merpati dapat dibeli di toko yang menyediakan pakan unggas, juga dapat dibeli di toko hewan peliharaan.

3 . Sediakan air dalam wadah yang merpati Anda mudah mengaksesnya.

Isi wadah dengan air secara teratur. Ketika Anda melihat air menjadi kotor, ganti air tersebut agar merpati Anda mau meminumnya.

4 . Setelah Anda merasa nyaman dengan burung merpati Anda, biarkan merpati terbang jauh.

Jika Anda telah merawat merpati dengan baik, dan merpati merasa nyaman di kandangnya, cobalah untuk melepaskannya. Biarkan merpati keluar dengan kandang tetap terbuka, karena merpati memiliki naluri homing yang kuat, dia akan segera kembali.

5 . Jaga kebersihan kandang merpati.

Lapislah kandang merpati dengan koran, itu akan membantu ketika Anda ingin membersihkan kandang. Membersihkan kandang harus dilakukan secara teratur agar merpati anda tetap merasa nyaman.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment