Tips dan Cara Memilih Kucing yang Tepat untuk di Pelihara

Artikel ini berisi tentang tips dan cara memilih kucing yang tepat untuk di pelihara, tujuannya adalah untuk memudahkan kita dalam pemeliharaannya. Penting untuk menentukan jenis kucing ras mana yang akan kita pelihara, karena banyak sekali jenis-jenis kucing ras yang bisa kita pelihara, pilih salah satunya, ras apa yang paling kita sukai, dan pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit.

Menentukan kategori kucing apa yang akan kita pelihara adalah dengan mengetahui tujuan kita.

Kucing yang yang memenuhi syarat untuk dijadikan calon indukan disebut dengan istilah Breed Quality (BQ), dan yang memenuhi syarat untuk dapat diikutkan kontes disebut Show Quality (SQ). Secara umum, jenis ras kucing SQ hampir dapat dipastikan juga masuk kategori BQ kecuali jika dilakukan sterilisasi (neuter/spy). Di luar kategori BQ dan SQ maka dikenal juga adanya kategori Pet Quality (PQ), yakni kucing yang hanya cocok untuk dipelihara sebagai kucing rumahan saja, karena tidak memenuhi standar breed yang ditetapkan untuk ras kucing tersebut.

Bagaimana kita memilah dan menentukan kucing yang termasuk kategori PQ, BQ, dan SQ ?

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu “breed standar” atau standar ras dari tiap jenis kucingnya. Mengacu pada CFA breed standar, kucing haruslah memiliki ciri-ciri khas fisik, mulai dari postur, body shape, bentuk dan ukuran kuping, bentuk tulang wajah (khususnya kemiringan tulang hidung), bentuk mata, bentuk moncong dan dagu, telinga, serta warna bulu.

Selanjutnya jika dengan bantuan ilustrasi di atas kita sudah bisa menentukan ini kucing ras yang berkualitas atau bukan, langkah selanjutnya adalah menyeleksi atau mengklasifikasikan apakah dimaksud masuk kategori PQ, BQ, atau SQ.

Show Quality (SQ)

Terdapat 5 bagian tubuh Kucing yang diperhatikan sesuai standar penilaian Cat Fanciers’ Association (CFA), dengan skor masing-masing sbb: Kepala (30), Badan (30), Bulu (20), Warna(15), Balance (5). Perincian dari kelima bagian tersebut dapat diuraikan sbb:

Kepala Terdapat 3 sub bagian kepala yang harus diperhatikan yaitu:

  • Bentuk Telinga (tiap kucing ras memiliki fisik /bentuk yang berbeda-beda)
  • Bentuk kepala , (tiap kucing ras memiliki fisik /bentuk yang berbeda-beda)
  • Bentuk Mata (tiap kucing ras memiliki fisik /bentuk yang berbeda-beda)

Bentuk Fisik Badan dari tiap kucing ras yang berbed-beda :

  • Dada : besar, berotot, seimbang dengan badan yg rectangular
  • Lengan depan : tulang dan otot besar
  • Kepalan lengan : besar, bentuk bundar (rounded) dg telapak lebar.
  • Bulu tiap jenis kucing ras banyak perbedaannya, tapi bulu yang baik itu ciri-cirinya Tebal, lembut seperti sutera (silky coat), dan tergerai lembut.

Warna, Corak dan variasi warna bulu kucing. Tidak ada definisi yang pasti soal warna yang bagus detail nya seperti apa, namun pola warna, bentuk / corak/ tabby/ kombinasi berbagai warna atau hanya solid colour, secara umum mengacu pada keindahan dari sudut pandang seni. Namun demikian, terdapat beberapa macam corak warna yang paling banyak terdapat pada tiap ras kucing. Corak dan variasi warna bulu kucing.

– Tipped
warna terang pada ujung bulu pada persia yang berwarna gelap

– Shaded
warna terang pada kucing hitam yang panjangnya 1/8 – 1/2 panjang bulu

kucing warna bulu Shaded

Smoke: yang mempunyai tipping kuat pada bulu, hampir seluruh bulu berwarna gelap yang menyebabkan warna putih pada pangkal bulu tidak terliat

kucing persian warna smoke
sedangkan untuk:

Bulu dari corak tiap jenis kucing ras variasi bulu juga ada beberapa macem berbeda-beda:

Solid Color (warna tunggal)
red solid, white solid, blue solid, dll

kucing warna bulu Solid Color

kucing warna bulu Solid Color

Bicolor (2 warna)
– bicolor murni biasanya bisa diliat dari keseimbangan kedua warna, jadi warna yang 1 dengan yang lain seimbang

kucing warna Bicolor

kucing warna Bicolor

– Harlequin
bicolor Harlequin ini warna putih lebih mendominasi dibanding warna yang lain

kucing persian warna Harlequin kucing Persian Color Dilute Calico Harlequin

Tricolor (3 warna)
– kucing persian warna smoke, biasanya yang calico murni ntu warnanya lebih kuat warna variasi red, black, white

kucing warna bulu calico

kucing warna bulu calico

– Dilute Calico warna pada dilute calico cenderung lebih soft warna variasi cream, white, blue

kucing lg nonton film hantu

Tortoishell : hampir sama dengan Tricolor, tapi Tortoishell ini tidak punya batas/mark yang jelas antara warna satu dengan yang lain

Tabby (belang) Tabby bentuk unik, karena dia memilik marking huruf “M” di keningnya.

Persian Tabby Kitten

Persian Tabby Kitten

– Blotched/Classic pola belangnya menyerupai pola kayu

Blotched  maincoon

Blotched maincoon

– Mackerel : bulu mirip seperti duri ikan

dark mackerel tabby

– Spotted seperti namanya, polanya membentuk bulatan-bulatan

rusty  Spotted

rusty Spotted

Colorpoint memiliki kombinasi warna bulu dan marking kucing Siam, adanya warna gelap (point) pada bagian-bagian tertentu (wajah, kaki, ekor, dll) dan bermata biru, biasanya kalo ada Colorpoint yang tidak mata biru dufault…

Bentuk badan Ballance : Ballance arti proporsional antara besar badan dengan panjang badan. Umumnya kucing yang baik memiliki body yang baik sesuai dengan tiap jenis kucing ras tersebut dan harus diimbangi pula oleh bentuk ekor. Ekor kucing yang baik harus memiliki tulang pangkal yang lebih besar dibandinkan ujung nya, dan diserta bulu mengembang.

Ciri-ciri fisik tersebut di atas merupakan ilustrasi jenis kucing yang sempurna sesuai standar breed yang ditetapkan CFA. Semakin mendekati standar tersebut maka semakin dekat pula dengan kategori Show Quality (SQ). Jika ada sebagian kecil yang kurang sesuai dengan standar, maka disebut Breed Quality (BQ). Namun jika terlalu banyak yang menyimpang dari standar maka ia dapat digolongkan sebagai Pet Quality (PQ).

Breed Quality (BQ)

Yang dimaksud Breed Quality (BQ) adalah kucing SQ yang memiliki sedikit kekurangan karena pada bagian-bagian tertentu sedikit menyimpang dari standar show, namun masih dapat ditolelir dan diyakini memiliki potensi untuk menghasilkan keturunan dengan kualitas yang baik. Nantinya indukan jantan yang memiliki sedikit kelemahan di Bagian A dapat dipasangkan dengan betina yang memiliki kelebihan di bagian A sehingga dapat saling melengkapi pada anakan yang dihasilkan dari pasangan tersebut.

Pet Quality (PQ)

Yang dimaksud Pet Quality (PQ) adalah kucing yang memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan standar quality show ras tersebut. Kucing dengan kondisi ini biasanya diadopsi sebagai hewan peliharaan keluarga (pet house). Hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk mengadopsi kucing PQ, pastikan bahwa Anda menyukai tampilannya (warna misalnya) dan juga yang sangat-sangat penting karakternya. Sebagai Pethouse mestilah kucing tersebut akrab dan bersahabat dengan Anda, playfull, tidak “Jaim”, dan tentu saja bersahabat (tidak galak). Jadi sebelum Anda adopsi cobalah ajak bermain dan atau jika jauh dari lokasi Anda, pastikan dapat jaminan dari breeder nya bahwa kucing yang anda adopsi tidak akan menyulitkan Anda dan keluarga sesuai tujuannya untuk dijadikan Pethouse.

Demikian sekilas uraian/ deskripsi singkat tentang bagaimana membedakan atara SQ, BQ, dan PQ dengan ilustrasi tulisan. Akan lebih baik jika kita membahasnya dengan memegang fisik kucing secara langsung. Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment