Tips Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Berternak ikan lele dari hari ke hari semakin banyak peminatnya. Ikan lele dipandang sangat cocok untuk di budidayakan karena selain pangsa pasar yang bagus, ikan lele juga termasuk ikan yang cukup tanggung terhadap keadaan iklim di indonesia.

Kolam Terpal

Pada umumnya para peternak lele menggunakan kolam konvensional yang terbuat dari tanah atau semen. Namun cara beternak menggunakan kolam konvensional di rasa kurang fleksibel dan beresiko. Beternak Lele di Kolam Terpal menjadi solusi yang cukup jitu untuk menjawab permasalahan tersebut. Penggunaan kolam terpal memudahkan para peternak untuk mengembangbiakan ikan lele, selain itu Beternak lele menggunakan kolam terpal sangat cocok di terapkan bagi para peternak yang memiliki lahan yang tidak cukup luas.  Berikut keuntungan beternak lele menggunakan Kolam Terpal :

1. Praktis dan Mudah dibuat

2. Dapat menghindari pencemaran oleh tanah

3. Biaya lebih irit

4. Fleksibel dan mudah di bersihkan

5. Lebih mudah dalam hal pengontrolan air

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan kolam terpal untuk budidaya ikan lele diantarnya untuk 100 ekor lele dibutuhkan kolam ukuran P = 2m x  L = 1m x T = 0.6m . Ukuran ini fleksibel jika anda ingin menambah lebih dari 100 ekor, tinggal dikalikan saja patokannya tetap pada ukuran 100 ekor lele.

Hal lain yang perlu di perhatikan yaitu sebelum menebar bibit lele ke dalam kolam, air kolam sebaiknya telah di isi oleh air yang kaya akan Plankton dan alga . Karena alga dan planktong merupakan makanan utama untuk ikan lele . Penambahan pakan pelet juga di sarankan untuk ikan lele .

Pergantian air kolam juga perlu di perhatikan jika beternak ikan lele di dalam kolam terpal. Meskipun Ikan lele cukup tangguh di dalam air kotor sekalipun, tetapi ini akan memberikan kualitas buruk untuk ikan lele. mengganti air kolam untuk menghindari air kotor dan berbau busuk.

Ketika ikan lele sudah berumur 1 bulan, lakukan pemisahan berdasarkan kualitas dan ukuran . Hal ini dilakukan agar lele tumbuh dan berkembang sama rata baik dari segi kualitas dan ukuran ikan lele.

Demikianlah artikel mengenai Tips Beternak Lele di Kolam Terpal. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Binatang.Net untuk mengupdate terus informasi seputar dunia binatang. Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment