Tips Ampuh untuk Memelihara Burung Hantu

Burung hantu kini bukan lagi menjadi binatang yang ditakuti. Bahkan burung jenis ini telah menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digandrungi, terutama oleh anak-anak muda. Tak salah kalau tren tersebut terjadi setelah kemunculan hedwig, yang merupakan burung hantu peliharaan Harry Potter.

Namun memelihara burung hantu tidak bisa disamakan dengan burung biasa. Salah-salah, burung hantu peliharaan kamu akan cepat stress atau bahkan mati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memelihara burung hantu:

1. Burung hantu bukanlah seekor hewan peliharaan biasa. Burung ini akan lebih nyaman jika ditaruh di kayu sebagai pijakan mereka. Jangan pernah menaruh binatang ini di dalam sangkar.

burung hantu sangkar

Burung hantu yang ditaruh di dalam sangkar, cenderung memiliki tingkat stress yang tinggi. Akibatnya, burung akan sulit jinak dan tak akan terlalu dekat dengan pemiliknya. Kalaupun kamu ingin menaruhnya di sangkar, usahakan ukurannya sangat besar.

2. Jangan beri burung hantu makan terlalu banyak. Pemberian makan pada burung jenis ini harus dilakukan secukupnya. Baiknya, makanan diberikan pada pagi serta malam hari dengan porsi yang tidak berlebih.

burung hantu makan

Untuk jenis makanannya bisa beragam. Kamu bisa memberinya jangkrik, ikan kecil, tikus kecil atau burung emprit. Usahakan jangan memberi makanan berupa daging ayam mentah, lele, ataupun daging olahan. Jenis-jenis makanan tersebut dikhawatirkan mengandung zat-zat kimia.

3. Sebagai binatang yang hidup di malam hari, sebaiknya jangan taruh burung hantu di tempat yang terpapar matahari. Jadi, jangan pernah menjemur burung hantu seperti yang biasa diperlakukan pada burung lain. Salah-salah burung hantu akan cepat stress karena mereka tak biasa aktif di siang hari.

burung hantu bertengger

Sebaliknya, pada saat malam hari kamu juga baiknya harus mematikan lampu tempat burung hantu berada. Mereka memiliki pandangan yang bagus di malam hari. Mereka bisa memiliki pandangan yang bagus meski hanya bermodalkan cahaya bulan.

4. Sering-seringlah berinteraksi dengan burung hantu. Berbagai interaksi pun bisa kamu lakukan. Bisa kamu sentuh bagian kepalanya atau sering-sering pula mengajak burung ini bicara.

So, begitulah tips untuk memelihara seekor burung hantu. Apakah kamu punya tips lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar di bawah ini.

sumber: omkicau

Baca juga artikel lainnya mengenai burung hantu : fakta unik tentang burung hantu dan celebuk reban, burung hantu mungil yang menggemaskan

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment