Tentang Burung Alap Alap

Burung Alap-Alap merupakan hewan pemangsa anggota keluarga Falconidae. Berbeda dengan burung Elang dan Rajawali, Alap-alap memiliki sayap yang lebih runcing dan sempit, paruh lebih melengkung dan pendek, gaya terbang yang cepat, iris mata yang gelap dan kepala yang membulat. Dalam Bahasa Inggris, Alap-alap biasa disebut dengan Falcon, Caracara atau Kestrel. Selain memiliki penglihatan yang 2,6 kali lebih akurat daripada penglihatan manusia, alap-alap juga mampu terbang secara akrobatis.

Dari jaman dahulu kala, alap-alap sudah digunakan oleh manusia sebagai penjaga sawah. Hal ini dikarenakan mereka memangsa tikus sawah, mereka sangat membantu para petani. Selain itu, alap-alap juga bisa dijadikan hewan peliharaan jika dirawat dengan sabar dari mereka kecil.

Jenis Burung Alap Alap

  1. Alap Alap Capung
    alap alap capung
    Alap Alap jenis capung memiliki paruh, darah yang panas dan juga berkembang biak secara bertelur. Alap Alap Capung merupakan burung karnivora terkecil di dunia. Asia Tenggara merupakan habitat Alap Alap Capung. Umumnya, alap alap capung memiliki ukuran 15 cm dengan berat 35 gram.
  2. Alap Alap Kawah
    alap alap kawah
    Alap alap kawah merupakan salah satu alap alap yang berukuran besar, panjangnya sekitar 50 cm. Alap alap kawah merupakan salah satu mahkluk tercepat di dunia, kecepatannya bisa mencapai 320 Km/jam saat mencari mangsa.
  3. Alap Alap Macan
    alap alap macan
    Alap Alap Macan memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, hanya 25 cm. Burung ini hadir di daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, Papua, Maluku dan Bali. Ciri-ciri bisa dilihat melalui gambar diatas.
  4. Alap Alap Sapi
    alap alap sapi
    Alap Alap Sapi hobi memakan mamalia kecil, burung, kelelawar, kadal, dan lainnya. Alap Alap jenis ini juga menyukai daerah kebun dan tepi hutan.

Sekian Tentang Burung Alap Alap. artikel tentang burung silahkan ke portal pecinta binatang semoga bermanfaat

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment