Tempat Penangkaran Hewan yang Dilindungi

Menurut Departemen Kehutanan Republik Indonesia, penangkaran hewan yang dilindungi adalah sebuah upaya perbanyakan melalui pengembangbiakan dan pembesaran satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Penangkaran yang dilakukan berbentuk pengembangbiakan satwa dan pembesaran satwa dari anakan yang diambil dari habitat aslisecara terkontrol. Upaya tersebut dilakukan oleh pemerintah melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Beberapa hewan di Indonesia digolongkan dalam kelompok hewan yang dilindungiuntuk menjaganya dari kepunahan. Beberapa cara dilakukan untuk upaya pelestarian hewan dilakukan di tempat pelestarian hewan yang disebut suaka margasatwa. Selain itu, hewan-hewan langka juga ditangkarkan di kebun binatang dan taman nasional. Kebijakan lainnya adalah menarik koleksi hewan-hewan langka yang menjadi binatang piaraan perorangan.

Dimana sajakah tempat-tempat pelestarian hewan yang dilindungi ?

  1. Taman Nasional Komodo. Seperti namanya, tempat yang berada di Nusa Tenggara Timur ini menjadi tempat pelestarian binatang komodo.
  2. Kebun Binatang Gembira Loka. Beberapa hewan yang dilestarikan diantaranya adalah unta, tapir, kura-kura, dan gajah.
  3. Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa bagian Barat. Tempat ini merupakah suaka badak bercula satu.
  4. Taman Nasional Way Kambas. Merupakan tempat pelestarian gajah Sumatera, harimau Sumatera, buaya sepit, dan mentok rimba yang terletak di Lampung Timur.
  5. Suaka Margasatwa Danau Sentarum. Tempat yang terletak di Kalimantan Barat ini melindungi hewan-hewan seperti burung rangkong, orang utan, dan buaya muara.

Perlindungan hewan yang hampir punah memiliki berbagai manfaat. Kelestarian keanekaragaman hayati bermanfaat untuk ilmu pengetahuan. Anak cucu dapat belajar mengenai keanekaragaman hayati karena hewan yang dilindungi tidak punah. Selain itu, terjaganya ekosistem membuat kestabilan jaring-jaring makanan yang berakibat pada berjalan baiknya kehidupan di bumi. Tempat-tempat pelestarian hewan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

One Response

Add Comment