Tanda-tanda Kucing Sedang Stress

Hallo sobat, kami dari team binatang.net akan membahas tanda-tanda kucing yang lagi stres. Seperti apakah tanda yang terlihat pada kucing yang mengalami stress ? Mari simak ulasan berikut.

Saat kucing mengalami stres, mereka akan memberikan tanda-tanda dari tingkah lakunya, respon dan lainn sebagainya. Sobat dapat mengetahui secara langsung apabila kucing kesayangan sobat mengalami stress atau tidak.

Pada umumnya, kucing akan mengalami stres ketika ia merasa cemas dan takut. Stres pada kucing juga akan memicu gangguan kesehatan pada hewan ini. Tidak jarang pula kucing yang sedang mengalami stres akan terkena virus penyakit, hal ini disebabkan oleh menurunnya kekebalan sistem imun tubuh pada kucing.

Maka dari itu, sobat mesti mengetahui tanda-tanda kucing yang lagi stres sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kucing jatuh sakit. Baiklah berikut beberapa tanda yang tampak dari kucing ketika sedang stres.

1. Kucing kencing sembarangan.
Jika biasanya kucing sobat kencing di litter box namun kali ini ia kencing sembarangan maka dapat dikatakan kucing sobat sedang mengalami stres. Ketika stres kucing berusaha memberi tahukan sesuatu kepada majikannya dengan cara di luar kebiasaannya.

2. Diare atau masalah pencernaan lainnya
Biasanya diare disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kucing. Jika sobat merasa telah memberikan makanan yang tepat pada si kucing, namun dia masih mengalami diare atau sembelit bisa jadi ini salah satu tanda dari kucing sobat bahwa ia sedang stres.

3. Grooming berlebihan
Pada dasarnya kucing memang suka grooming tubuh mereka. Tetapi apabila kucing sobat grooming tubuhnya secara berlebihan sampai mengalami kebotakan, maka dapat dikatan kucing sobat juga mengalami stres. Disamping itu, dapat pula disebabkan karena kucing sobat terkena kutu.

4. Menggaruk tubuh berlebihan
Seperti grooming, kucing juga biasa menggaruk tubuhnya. Tetapi jika ini terjadi berlebihan bisa jadi pula kucing sobat sedang mengalami masalah kesehatan dan perilakunya. Sama halnya dengan grooming berlebihan, tanda ini juga terjadi ketika kucing mengalami stres atau pun terkena kutu.

5. Bersuara secara berlebihan
Jenis kucing bengal, siamse dan sphynx biasanya memiliki suara yang lebih vokal daripada jenis kucing lainnya. Namun jika kucing sobat berperilaku dan terdengar lebih berisik daripada biasanya dapat, maka curigailah bahwa kucing sobat sedang mengalami stres.

6. Menyendiri
Pada dasarnya kucing lebih suka menyendiri dan acuh tak acuh. Walaupun terkadang kucing juga suka bermain dengan kita dan berlari-larian. Akan tetapi, jika kucing sobat tiba-tiba berlari dan bersembunyi bisa jadi ini respon dari si kucing terhadap suatu kejadian yang terjadi. Besar kemungkinan kucing sobat mengalami stres.

7. Tidur lebih lama
Biasanya kucing menghabiskan 2/3 waktunya dalam sehari untuk tidur dan sisanya untuk beraktivitas. Sobat juga pasti sudah tahu berapa lama kucing sobat akan tidur. Namun, jika pada suatu hari kucing sobat tidur lebih lama daripada biasanya dan terlihat lebih lesu serta berkelanjutan sobat mesti memeriksa keadaan sikucing. Kemungkinan kekebalan imun tubuh si kucing menurun akibat stres yang dialaminya.

8. Nafsu makan berkurang
Kucing tidak pernah berpuasa sepanjang hidupnya. Jika nafsu makan kucing kesayangan sobat menurun secara tiba-tiba dan berhenti maka, maka sobat mesti waspada. Biasanya menurunnya nafsu makan akibat terdapat masalah dalam sistem pencernaan. Namun jika sistem pencernaan si kucing tidak bermasalah, maka dapat dikatakan si kucing sedang mengalami stres.

9. Lebih agresif terhadap hewan atau orang lain
Kucing lebih terkenal dengan sifatnya yang manja. Sifat agresif yang ditunjukannya kepada hewan atau orang lain bisa jadi ini pertanda si kucing sedang mengalami stres. Namun jika si kucing bersikap agresif terhadap kucing lain yang belum pernah di temuinya merupakan hal yang wajar karena sikucing berusaha mempertahankan daerahnya.

Kita sebagai pemilik harus mengetahui tanda-tanda yang diberikan si kucing. Bisa jadi tanda tersebut merupakan tanda yang sangat gawat. 9 tanda-tanda diatas pada umumnya terjadi pada kucing yang mengalami tingkat stres rendah hingga sedang. Tetapi tanda tersebut bukan hanya tanda dari kucing yang mengalami stres, bisa jadi karena kondisi si kucing sedang tidak fit. Untuk dapat memastikan kesehatan si kucing, lebih baik sobat menghubungi dokter hewan agar bisa mengkonsultasikan keadaan si kucing. Demikian saja ulasa dari kami mengenai tanda-tanda kucing yang lagi stres, semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu sobat untuk mengenali lebih dalam tanda-tanda yang diberikan oleh kucing kesayangan sobat. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Salam Hangat, team binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts