Tambahan Spesies Komodo di Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat ini merasa bahagia karena telah kedatangan tamu  yang sangat dinanti-nanti yaitu menetasnya 2 telur komodo yang pada Hari Kamis 3 April 2014 kemarin, telah menambah koleksi telur komodo di kebun binatang itu. Kedua telur ini bisa menambahkan telur-telur yang lain yang sebelumnya menetas 16 telor di ruang nursery KBS.

Seperti yang telah ungkapkan oleh Humas PDTS KBS Agus Supangkat bahwa Hari Kamis 3 April 2014 kemarin, memang ada 2 lagi telur Komodo yang menetas. Dan itu menambah jumlah telor Komodo yang sebelumnya sudah 16 telor menetas di ruang nursery KBS. Agus menambahkan, dari seluruh anakan Komodo (Varanus Komodoensis) yang baru menetas itu, kini ditempatkan di ruang nursery KBS. Kalau yang sudah dinyatakan sehat, termasuk sudah ditimbang berat badannya, kami pindahkan ke kotak peraga.

Setidaknya 16 telur dan ditambah 2 telur yang baru bisa menutupi dan mengganti hewan-hewan yang sudah mati di kebun binatang tersebut, karena dari data yang diperoleh terdapat sedikitnya 12 ekor dari populasi 3.459 populasi dan 199 spesies yang di data dari mulai Januari hingga Maret 2014 diantaranya 2 ekor kijang, dan 1 ekor Kulan, Rusa Bawean, Komodo, Harimau Benggala, Singa Afrika, Genu, Babon, Anoa, Unta. Dan yang paling terbaru di bulan Maret adalah matinya seekor Rusa Timorensis.

Disini terdapat beberapa faktor yang membuat banyak binatang mati selain usia yang relatif sudah tua, juga  terdapat gangguan pada pencernaan, gangguan pada organ dalam seperti paru-paru. Dari kasus yang sering terjadi setidaknya bisa dijadikan pelajaran bagi pihak pemelihara KBS ini agar kedepan tidak terjadi lagi sakit karena pencernaan.

Baca juga Prahara Kebun Binatang Surabaya dari binatang.net.

Related Posts

Add Comment