Serigala Ternyata Lebih Pintar Dibandingkan Anjing

Anjing dan serigala merupakan dua hewan yang mempunyai hubungan dekat. Namun apakah Anda tahu kalau ternyata serigala memiliki kemampuan lebih pintar dibandingkan anjing? Hal itulah yang diungkapkan oleh para peneliti di Messerli Research Institute, Vienna, Austria.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa serigala memiliki kemampuan untuk meniru lebih baik ketimbang anjing. Para peneliti pun percaya bahwa hal tersebut terjadi karena serigala kerap bekerjasama ketika melakukan perburuan mangsa. Dan hal ini merupakan dasar dari pemahaman seekor anjing kepada manusia.

Para peneliti tersebut pun melibatkan total 14 ekor serigala dan 15 ekor anjing mongrel atau campuran atau juga kerap disebut anjing kampung. Hasilnya, peneliti pun menemukan bahwa serigala memiliki kemampuan untuk membuka sebuah boks yang tertutup lebih mudah ketimbang anjing. Hal ini karena para serigala mampu mempelajari bagaimana cara membuka sebuah boks dari hewan lain yang sebelumnya melakukan hal serupa.

Penelitian tersebut dilakukan selama enam bulan. Dalam penelitian tersebut, para hewan itu pun diizinkan untuk mengamati seekor anjing terlatih mengenai bagaimana cara membuka sebuah boks kayu. Caranya pun beragam, entah itu memakai cakar atau rahang. Hasilnya, setelah tenam bulan, ke-14 ekor serigala mampu membuka boks. Di sisi lain, hanya ada empat ekor anjing yang mampu melakukan hal serupa.

Dari situ, peneliti pun menyimpulkan bahwa serigala memiliki kemampuan untuk menemukan solusi sebuah masalah lebih baik ketimbang anjing. Namun kemampuan tersebut didapatkan oleh serigala berkat aksi pengamatannya yang cermat. Kemampuan tersebut, menutut para peneliti, didapatkan karena mereka kerap hidup secara berkelompok dan saling bekerja sama.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment