Seorang Polisi Tewas Akibat Sengatan Kalajengking

Dua hari yang lalu dikabarkan ada seorang Polisi meninggal akibat sengatan seekor kalajengking, mungkin menimbulkan pertanyaan pada diri kita, apa memang benar penyebab meninggalnya karena racun dari seekor kalajengking, atau ada penyebab lain, sebahaya itukah sengatan kalajengking? Ya, kalajengking termasuk binatang yang berbahaya dan dapat membunuh manusia.

Dari artikel sebelumnya, “Mengenal Kalajengking“, ada hampir 2.000 spesies kalajengking tersebar di dunia, hanya 30-40 yang memiliki racun mematikan yang dapat membunuh manusia. Bisa saja yang mengakibatkan Polisi tersebut meninggal karena sengatan spesies kalajengking yang 30-40 tersebut.

Seperti yang dilansir kompas.com, Kaur Bin Ops Satnarkoba Polres Tanjab Timur AKP Agusman meninggal akibat sengatan kalajengking, Rabu (28/5/2014) pagi.

Tak ada yang menyangka Kaur Bin Ops Satnarkoba Polres Tanjab Timur AKP Agusman akan mengembuskan napas terakhir begitu cepat. Pasalnya, Agusman masih sempat mengikuti apel dan bercanda bersama rekan kerjaā€¯.

AKP Martinus Gulo, yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Tanjab Timur, bahkan menyebutkan bahwa dirinya masih bersama-sama Almarhum Agusman di Mapolres.

AKP Gulo, yang juga sangat akrab dengan almarhum ini, mengatakan, Aiptu Agusman meninggal karena disengat kalajengking.

Ketika Agusman memasang sepatu saat akan berangkat kerja, ternyata di dalam sepatu ada kalajengking. Hewan itu pun langsung menggigit kakinya.

Namun, Agusman sempat mengaku gigitannya tak terlalu menyakitkan sehingga ia tetap berangkat ke Mapolres. Dia pergi tanpa mengobati bekas gigitan itu terlebih dulu.

“Nah tidak lama habis apel, (almarhum) merasa sakit, langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Nurdin Hamzah (Tanjab Timur). Saat sampai di rumah sakit, langsung dilakukan cek detak jantung, ternyata tidak tertolong lagi,” ujarnya. (Kompas)

Sengatan kalajengking memang bisa membunuh manusia, tetapi itu jarang terjadi, walaupun demikian ada baiknya kita lebih berhati-hati dengan binatang satu ini.

Kalajengking membutuhkan banyak energi untuk memproduksi racun, racun tersebut ia gunakan untuk membela diri dan merebahkan mangsanya. Racun kalajengking terdiri dari kelompok molekul kompleks yang disebut neurotoxin. Ketika itu “disuntikan”, neurotoxin akan menyerang sel-sel saraf korban, yang akan menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Jika kalajengking menyengat Anda, cuci langsung daerah sengatan dengan menggunakan sabun dan air. Anda juga dapat mengompresnya dengan air dingin untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Jika Anda mengalami gejala apapun terkait dengan sengatan kalajengking, pergilah ke rumah sakit atau dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment