Semut Panda, Serangga Berbentuk Lucu dengan Sengatan yang Berbahaya

Di dunia ini, serangga menjadi salah satu hewan dengan jumlah dan variasi yang sangat beragam. Tak jarang mereka pun mempunyai bentuk yang unik dan lucu. Salah satunya adalah seekor semut yang kerap disebut dengan nama semut panda (Euspinolia militaris).

semut panda_2

Nama semut ini memang diambil karena bentuknya yang sangat mirip dengan panda. Spesies semut ini memiliki perpaduan warna hitam dan putih di bagian tubuhnya. Namun jangan berharap kalau semut panda ini memiliki tingkah laku yang lucu seperti penampilannya.

Semut panda sebenarnya adalah seekor lebah tak bersayap. Dan seperti halnya seekor lebah, semut panda ini juga memiliki sengatan. Bahkan sengatan semut panda ini terkenal sangat berbahaya. Dan karena sengatannya yang berbahaya, semut panda ini juga kerap dijuluki sebagai cow killer. Hal ini karena sengatannya mampu melumpuhkan seekor sapi sekalipun.

Sayangnya, penelitian mengenai semut panda ini masih sangat jarang dilakukan. Tak mengherankan kalau informasi yang diperoleh terkait serangga unik ini pun masih sangat minim. Semut ini pertama kali berhasil ditemukan oleh para peneliti pada tahun 1938 di Cile, Amerika Selatan.

Selain itu, semut panda juga tak memiliki prilaku seperti halnya seekor semut biasa. Mereka tak memiliki tugas khusus seperti seekor semut pekerja, ratu dan lain-lain.

Semut panda ini diketahui merupakan salah satu spesies yang tergabung dalam famili Mutilidae. Mereka yang tergabung dalam famili ini biasanya memang memiliki kulit mirip beludru. Tak jarang kalau hewan dalam famili Mitilidae kerap disebut semut beludru.

Selain itu, semut betina pada famili ini juga biasanya tak memiliki sayap. Namun hal berbeda dilihat pada semut jantang yang memiliki sayap. Selain itu, kenapa famili Mutilidae disebut dengan semut? Hal ini karena tubuhnya yang tertutup lapisan mirip dengan rambut pada semut.

*dari berbagai sumber

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment