Sakit Gigi pada Kucing

Gigi yang sehat sangat penting untuk kesehatan diri, demikian juga bagi kesehatan kucing Anda. Memang sulit untuk menjaga gigi kucing Anda selalu tetap bersih, sehingga masalah kesehatan gigi padanya pun muncul.

Masalah pada gigi kucing biasanya dimulai dengan penumpukan plak lengket yang mengeras membentuk karang gigi. Jika tidak dibersihkan, ini dapat menyebabkan radang gusi, kondisi yang menyakitkan jika sudah gusi meradang, dan akhirnya penyakit ini dapat berkembang. Kucing mungkin akan kehilangan gigi dan menjadi rentan terhadap infeksi yang dapat mempengaruhi organ-organ lain di dalam tubuhnya.

Penyebab sakit gigi pada kucing?

Plak adalah penyebab bau mulut dan penyakit gusi pada kucing. Karena kucing tidak menyikat gigi seperti yang Anda lakukan, plak ini dapat menyebabkan penumpukan. Hasilnya adalah pembengkakan, kemerahan dan peradangan pada gusi. Jika tidak diperiksa, penyakit tersebut (periodontal) akan berkembang pada kucing Anda, dan dapat merusak gusi dan jaringan yang mendukung gigi.

Berikut dua faktor yang biasanya berkontribusi terhadap masalah kesehatan gigi pada kucing:

Faktor Umur: Sakit gigi lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua.
Faktor Makanan: Makanan kucing yang lengket dapat menyebabkan penumpukan plak lebih cepat.

Penyakit gigi bisa dicegah dan diobati di sebagian besar kucing. Jaga gigi dan gusi kucing Anda bersih dan sehat. Langkah pertama Anda bisa meminta dokter hewan Anda untuk membersihkan giginya. Kemudian berbicara dengan dokter hewan Anda tentang menyikat yang baik pada gigi kucing Anda (agar bisa dilakukan di rumah dengan beberapa kucing).

Apakah kucing Anda memiliki penyakit gigi?

Jika kucing Anda memiliki masalah kesehatan gigi, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bau mulutnya. Jika Anda melihat salah satu dari hal berikut, Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda berikut di kucing Anda, bisa berarti kucing Anda memiliki masalah pada giginya. Hubungi dokter hewan Anda untuk pemeriksaan.

-Bau mulut
-Mulut luka
-Kesulitan makan
-Gigi goyang atau lepas
-Mengais-ngais atau menggosok mulut
-Gusi berdarah
-Tartar kuning atau coklat pada gigi
-Air liur terus keluar

Penting: Jika kucing Anda tidak menunjukkan tanda-tanda masalah kesehatan mulut, ada baiknya meminta dokter hewan Anda untuk pemeriksaan gigi dan meminta saran tentang cara untuk membersihkan gigi kucing Anda untuk mencegah masalah yang akan datang.

Pentingnya gizi

Makanan yang kucing Anda makan memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Makanan kucing kering memberikan manfaat untuk gigi kucing Anda. Jika kucing Anda memiliki gejala lebih serius, makanan kucing yang diformulasikan khusus dapat menjadi solusi yang lebih baik.

Gizi seimbang merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Jika kucing Anda memiliki masalah kesehatan gigi, itu bahkan lebih penting untuk memberi makan dengan makanan kucing yang tepat. Untuk diagnosis dan pilihan pengobatan yang tepat, selalu berkonsultasi dengan dokter hewan Anda dan meminta mereka untuk merekomendasikan makanan terbaik untuk kesehatan gigi kucing Anda.

Sumber: Hillspet.com

Kata kunci pencarian:

Related Posts