Quokka, Hewan Asli Australia yang Imut dan Terancam Punah

Benua Australia menjadi rumah dari beberapa jenis hewan marsupial atau hewan berkantung. Yang paling terkenal mungkin adalah kangguru. Selain itu, ada pula hewan marsupial lainnya bernama Quokka yang memiliki penampilan imut.

Quokka merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Jadi, publik pun tak diperbolehkan untuk memelihara binatang ini sebagai hewan peliharaan. Quaokka memiliki tubuh dengan tinggi dari 40 hingga 90 sentimeter.

Pada tahun 1696, seorang pendatang asal Belanda bernama Willem de Vlamingh menyebut Quokka sebagai tikus besar. Dan karena itulah, pulau tempat ditemukannya Quokka pun akhirnya diberi nama Rattennest yang akhirnya lebih dikenal dengan nama Rottnest.

quokka (1)

Di alam liar, Quokka hidup secara berkelompok. Hewan ini juga biasa beraktivitas di malam hari, atau merupakan binatang nocturnal. Mereka biasanya tinggal di rerumputan tinggi di dekat sumber air. Selain itu, Quokka juga memiliki keahlian untuk memanjat pohon.

Quokka juga merupakan binatang herbivora. Binatang ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makan dan minum dalam waktu yang lama. Hal ini karena mereka menyimpan cadangan makanan di dalam tubuh berupa lemak yang berada di ekornya.

quokka (2)

Saat ini, populasi quokka terus mengalami penurunan, baik karena perburuan liar ataupun kemajuan teknologi. Di pulau Rottness, bukan hewan seperti rubah, anjing ataupun kucing yang berbahaya bagi quokka. Ancaman tertinggi bagi quokka adalah manusia.

Sumber: animalfactguide

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment