Pesut Mahakam, Binatang Langka Di Indonesia

Kali ini kita akan mengenal salah satu binatang langka di Indonesia bernama pesut Mahakam. Hewan bernama latinOrcaella brevirostrisini merupakan semacam ikan air tawar yang terbilang unik. Bahkan pesut ini sering dibilang sebagai lumba-lumba air tawar. Sesuai namanya pesut ini hidup di sungai Mahakam. Yang menyedihkan adalah populasi pesut ini hanya tinggal 70 ekor saja.

Merosotnya jumlah pesut dan menjadikannya binatang langka di Indonesia tidak lepas dari capur tangan manusia yang suka menangkap sembarangan atau merusak lingkungan habitat pesut itu. Apalagi sekarang ini sungai Mahakam merupakan jalur lalu lintas yang ramai, ditambah adanya pendangkalan sungai, erosi dan tidak adanya sumber makanan yang cukup menjadikan faktor besar penurunan jumlah pesut.

Adapun ciri-ciri pesut yang dapat kita amati. Siapa tahu saja anda beruntung dan bisa bertemu binatang langka di Indonesia ini jika sedang jalan-jalan ke sungai Mahakam. Berikut adalah ciri-ciri dari ikan pesut mahakam yang dapat Anda ketahui:

  1. Kepala bulat dengan dua mata yang kecil,
  2. Berwarna abu-abu atau biru tua,
  3. Dapat berukuran hingga 2,5 meter panjangnya dan berat 130 kilo,
  4. Bermoncong pendek,
  5. Sirip renang lebar dan pendek.

Pesut yang termasuk binatang langka di Indonesia ini merupakan hewan mamalia dan memiliki paru-paru sebagai alat pernafasannya. Ia juga sering mengambil udara dengan berenang ke permukaan air kemudian menyemburkan air melalui mulut. Sama seperti kelelawar, pesut mengeluarkan gelombang ultrasonic untuk mendektesi benda-benda yang ada d sekitarnya. Meski penglihatan pesut ini buruk, namun dengan kelebihannya ini ia mampu membedakan makanan atau predator berbahaya yang mengancam. Selain itu, pesut juga memiliki kecepatan dalam bergerak yang cukup baik untuk menghindari lawan.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment