Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Memelihara Landak Mini

Landak mini merupakan seekor hewan yang imut dan lucu. Tak mengherankan kalau saat ini banyak orang yang tertarik untuk memelihara hewan satu ini. Dan tentunya, pada saat memelihara landak mini, kamu juga harus memperhatikan mengenai cara pemeliharaannya, terutama pada saat hewan tersebut sakit.

Pada saat landak mini tengah sakit, tentunya kamu harus membawanya segera ke dokter hewan terdekat. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang kerap terjadi pada landak mini.

  1. Kanker adalah penyakit yang cukup umum terjadi, tak terkecuali landak mini. Kanker bisa hinggap di bagian tubuh mana pun pada landak mini. Salah satu tanda ada kanker adalah munculnya tumor.
  2. Infeksi telinga juga kerap terjadi. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh kutu atau jamur.
  3. Mata landak mini juga bisa terkena penyakit. Ada kalanya mata landak mini akan nampak bengkak. Hal ini diakibatkan karena mata kena colok. Selain itu, hal ini juga bisa merupakan tanda dari sebuah penyakit lain.
  4. Landak mini juga kerap mengalami mulut yang berbusa. Biasanya, pada saat ini terjadi disertai dengan bau yang aneh. Namun hal ini bisa dibilang cukup normal.
  5. Di alam liar, landak mini terbiasa melakukan hibernasi atau tidur panjang. Namun hibernasi kadang bisa berakibat fatal pada hewan ini. Oleh karena itu, untuk mencegah hibernasi, kamu harus menjaga agar kandang tak terlalu dingin.
  6. Penyakit kulit juga biasa terjadi pada landak mini. Penyakit ini diakibatkan oleh adanya kutu pada hewan. Penyakit kulit pada landak bisa mengakibtkan duri yang rontok, kulit kering, kulit merah-merah hingga rasa gatal yang ekstrem.

Jadi, kamu perlu memperhatikan dengan sangat cermat kalau memelihara hewan unik ini. Salah-salah hewan tak akan terawat dengan baik malah menjadi teraniaya.

Sumber: Hedgehog Care

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment