Penyakit yang Dibawa Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi suatu hobi yang sangat menyenangkan. Tapi jika tidak dirawat dengan benar, yang ada hewan peliharaan anda akan memberikan dampak negatif pada anda berupa penyakit yang bisa menular. Faktanya banyak orang yang memelihara hewan peliharaan namun mereka malah terkena penyakit yang sama dengan hewan peliharaannya sendiri. Jika anda mengetahui hewan dan jenis penyakit apa saja yang mereka bawa, kemungkinan anda juga bisa mengantisipasinya agar tidak tertular. Berikut adalah jenis hewan dan beberapa penyakit yang bisa tertular pada anda, antara lain :

  1. Kucing
Anak dan Kucing

Anak dan Kucing

Orang orang banyak sekali yang memelihara kucing sebagai hewan peliharaannya, fisik yang lucu dan bulu yang indah membuat kucing ini banyak peminatnya. Namun disisi lain kucing bisa menularkan Penyakit Gatal yang disebabkan oleh bakteri Bartonella. Bakteri ini biasanya menginfeksi ketika anda dicakar atau digigit dan gejalanya adalah pembengkakan pada bagian yang digigit.

  1. Anjing

cara merawat anjing

Hewan kedua yang paling diminati adalah anjing. Hewan ini bisa dibilang hewan peliharaan yang pintar. Namun dibalik kepintarannya ternyata anjing ini memiliki Rabies sejenis virus yang bisa menular lewat ludah dalam gigitan anjing yang terinfeksi. Gejala penyakit ini tak lain sifat berubah menjadi agresif dan disertai demam tinggi.

  1. Unggas
Ayam Kampung

Ayam Kampung

Unggas adalah hewan peliharaan sekaligus bisa menjadi santapan. Namun hati hati karena hewan unggas membawa bakteri Psittacosisis. Infeksi bakteri ini merupakan penyakit yang bisa menyebar lewat udara dan menyebabkan demam tinggi, diare dan infeksi mata.

Meskipun hewan peliharaan dapat membawa penyakit, hal ini dapat Anda antisipasi dengan cara rajin merawatnya baik memandikan, memberi makan dan membersihkan kandangnya.

Demikian informasi yang dapat binatang.net sampaikan, jangan lupa baca artikel lainnya tentang penyakit hewan peliharaan.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment