Contoh Penyakit Pada Kucing

Penyakit kucing sebenarnya hampir sama dengan penyakit pada manusia. Ada yang digolongkan penyakit ringan maupun berat. Berikut beberapa penyakit yang menyerang kucing yang tergolong ringan maupun berat.

penyakit pada kucing

Ilustrasi kucing sedang sakit

Contoh Penyakit Pada Kucing

1. Flu Kucing
Flu kucing bisa diakibatkan karena tertular kucing lain, factor cuaca, kehujanan maupun kekebalan tubuhnya menurun. Gejalanya seperti layaknya manusia yaitu pilek, bersin-bersin. Penyakit ini tergolong ringan .
Anda bisa mencegah dengan mengeringkan bulu kucing tersayang karena kehujanaan atau basah.

2. Penyakit Kulit
Penyakit kulit yang dialami kucing kita sering terjadi akibat gigitan kutu, parasit . Sepintas terasa sepele, namun membuatnya tidak enak disentuh maupun dipandang. Kucing tersayang kita pastinya akan menderita.
Pengobatanya pun simple, Anda bisa mengoleskan lotion anti jamur. Disarankan mandikan si kucing dengan teratur menggunakan shampoo khusus. Ingat, pertolongan dari doker juga selalu menjadi pilihan yang tepat.

3. Infeksi Telinga
Penyakit ini dapat dikenali dari bau tak sedap dari telinga si Kucing ataupun daun terlinganya terlihat membengkak. Terjadi karena banyak kuman di dalam telinga kucing.
Jadi kebersihan adalah kuncinya agar kucing tersayang tetap sehat. Bila telah terinfeksi, segera beri obat tetes di petshop terdekat.

4. Sakit Tulang Belakang
Kebanyakan kucing sering mengalami penyakit ini. Bisa terjadi karena jatuh dari ketinggian, dipukul atau hal lain. Kucing jadi susah untuk berdiri maupun untuk tidur.
Berikan balsam untuk “keseleo” yang umumnya dipakai manusia. Hubungi doker hewan jika anda ingin memeberi perhatian lebih kepada kucing anda

5. Felina Infectious Enteritis (FIE)
Sel darah putih kucing anda menurun cukup banyak. Hati-hati karena penyakit ini bisa menular dan bisa menyebabkan kucing tersayang mati. Dengan kata lain penyakit ini berbahaya.
Jangan buang waktu jika kucing Anda terkena penyakit ini. Segera bawa ke dokter hewan.

6. Distemper
Penyakit ini disebut dengan Feline Panleukopenia yang disebabkan pleh virus yang menyerang usus. Tak cuma kucing yang bisa terserang, binatang lain bisa terkena. 25-90% kucing di dunia yang terkena Distemper akan mengalami kematian.
Tanda-tandanya yaitu malas makan, demam, lesu, muntah-muntah, badan kaku, juga diare. Jangan menangani sendiri penyakit ini, segera bawalah ke dokter yang anda percaya

Sekian tentang artikel tentang beberapa Contoh Penyakit Pada Kucing, untuk menambah infomasi lainnya tentang artikel mengenai Fakta Keistimewaan memelihara Kucing  bisa memberikan gambaran tentang keistimewaan kucing dalam islam.

dan artikel bermanfaat lainnya tentang Cara Merawat Anak Kucing tanpa Induk

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment