Panduan Memasang Akuarium untuk Ikan Air Laut

Akuarium untuk ikan air laut tentunya berbeda jika dibandingkan dengan akuarium air tawar. Akuarium air laut secara spesifik digunakan untuk memelihara ikan, mamalia atau tumbuhan yang hidup di lautan.

Untuk membangun sebuah akuarium air laut, beberapa hal pun mesti diperhatikan. Di antaranya adalah mengatur agar suhu akuarium terjaga. Nah, kalau Anda ingin mendapatkan saran, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membangun sebuah akuarium air laut.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membangun sistem filter di akuarium. Masukkan air bersih ke dalam akuarium, kemudian bubuhkan garam yang bisa dibeli di toko pet. Hati-hati, kamu juga harus memperhatikan rasio air dan garam.

Selain itu, kamu juga harus menghilangkan kandungan chlorine dalam air. Caranya cukup mudah, yakni dengan menambahkan dechlorinator. Setelah itu, kamu jalankan heater air dan set suhunya. Sebaiknya, sistem ini dijalankan beberapa hari terlebih dulu sebelum ikan dimasukkan.

2. Untuk dasar akuarium, kamu bisa menggunakan pasir hidup yang terdiri dari bakteri dan organisme micro. Pondasi ini bisa berukuran setebal 5 hingga 7.6 sentimeter. Selanjutnya, kamu juga bisa menempatkan batu karang di atas pasir. Batu ini berguna baik bagi bakteri sekaligus juga bisa digunakan untuk tempat berlindung ikan.

3. Pasang pencahayaan. Kamu juga sebaiknya mengatur timer agar akuarium memperoleh cahaya setidaknya 10 hingga 12 jam per harinya. Hal ini perlu agar algae bisa tumbuh.

4. Setelah itu, kamu juga menempatkan ikan secara bertahap. Pertama, sebaiknya meletakkan ikan yang tak agresif. Setelah ikan beradaptasi, kamu bisa menambahkan ikan yang lebih agresif.

sumber: animal planet

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment