Mengenal Panda, Binatang yang Paling Dicintai

Sebagai unofficial maskot Cina dan lambang World Wildlife Fund, panda adalah salah satu hewan yang paling dicintai di dunia. Panda juga salah satu spesies yang langka di dunia, hanya sekitar 1.600 ekor yang hidup di alam liar.

Upaya konservasi dan program pemuliaan saat ini sedang dilakukan untuk mengembalikan populasi panda ke habitat asli mereka di hutan pegunungan China barat daya.

PandaPanda ditandai dengan warna hitam dan putih khas mereka. Telinga, moncong, mata, bahu dan kakinya berwarna hitam sedangkan sisanya berwarna putih. Rambut tebal mereka membuat mereka merasa hangat di zona pegunungan yang basah dan dingin. Ketika merangkak, panda memiliki tinggi antara 60-100 cm dan panjang antara 1-2 m. Berat badan mereka antara 100-115 kg, dengan panda jantan yang lebih besar dari betina.

Salah satu ciri-ciri evolusi menarik dari panda yang menonjol ialah tulang pergelangan tangan mereka yang bertindak seperti ibu jari. Ini membantu panda memegang bambu sementara mereka mengunyah dengan gigi geraham mereka yang kuat. Bambu menjadi makanan khas panda. Karena nilai gizi yang rendah pada bambu, panda perlu makan 10-20 kg per harinya. Kadang-kadang panda akan makan makanan lain, termasuk tikus kecil, telur, ikan dan flora lainnya. Bambu menyediakan baik akan jumlah air, tetapi panda juga harus meminum air segar setiap hari.

Panda 2Ketika panda berumur antara 4-8 tahun, mereka mencapai kematangan dan bisa bereproduksi. Namun, panda betina hanya bisa hamil saat 2-3 hari dalam setiap musim semi, Dalam waktu yang singkat ini, panda jantan dan panda betina menemukan satu sama lain melalui aroma dan panggilan mirip dengan kambing atau domba. Mereka tidak mengaum seperti beruang pada umumnya.

Sekitar 95 – 160 hari mengandung, panda betina akan melahirkan. Anak panda baru lahir dengan mata yang buta, berbulu sedikit, dan kecil, beratnya hanya 85-140 g. Benar-benar tak berdaya, anak panda tidak bisa bergerak banyak selama hampir 3 bulan. Ibu panda akan sangat protektif dan berhati-hati dalam merawat anaknya.

Status Konservasi

Karena kenyataan bahwa panda mereproduksi begitu jarang, menjadi sangat sulit bagi populasi mereka untuk pulih dari suatu titik rendah. Panda saat ini diklasifikasikan pada IUCN Red List sebagai spesies yang terancam punah.

Salah satu alasan utama panda menjadi terancam punah adalah kerusakan habitat mereka. Karena penduduk di China terus tumbuh, habitat panda akan diambil alih oleh pembangunan, mendorong mereka ke daerah-daerah yang lebih kecil dan kurang layak huni. Perusakan habitat juga menyebabkan kekurangan pangan mereka. Panda memakan beberapa jenis bambu yang mekar pada waktu yang berbeda tahun ini. Jika salah satu jenis bambu dihancurkan oleh pembangunan, meningkatkan risiko kelaparan bagi panda.

Suaka margasatwa telah didirikan di bagian Cina untuk memastikan panda memiliki rumah. Para peneliti terus mempelajari bagaimana panda berkembang biak dalam upaya untuk meningkatkan populasi.

Penyebaran Panda

Hanya ada sekitar 1.600 panda hidup di alam liar, secara alami mereka menghuni hutan pegunungan China barat daya.

Hanya ada sekitar 1.600 panda hidup di alam liar, secara alami mereka menghuni hutan pegunungan China barat daya.

Sumber: Animal Fact Guide

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment