Mengenal Komodo, Dragon Kebanggaan Indonesia!

Komodo telah berkembang di dalam iklim yang keras dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun, ini merupakan hal yang luar biasa, keberadaan mereka tidak diketahui manusia sampai sekitar 100 tahun yang lalu.

Panjang tubuh komodo mencapai 3 meter dan memiliki berat lebih dari 136 kilogram, komodo merupakan kadal terberat di muka Bumi. Mereka panjang, kepala datar dengan moncong bulat, kulit bersisik, kaki membungkuk, besar, dan ekor berotot.

Sebagai predator yang dominan di beberapa pulau yang mereka huni, mereka akan memakan hampir apa saja yang ada di pulau, termasuk bangkai, rusa, babi, kadal kecil, bahkan kerbau besar dan manusia. Ketika berburu mangsanya, komodo bergantung pada kamuflase dan kesabaran, berbaring sambil menunggu mangsanya lewat. Ketika mangsanya jatuh, dengan menggunakan kaki kuat, cakar tajam yang bergerigi, gigi seperti hiu, komodo akan mengeluarkan isi perut mangsanya.

Hewan yang melarikan diri dari rahang komodo hanya akan merasa beruntung seketika. Karena air liur komodo mengandung lebih dari 50 strain bakteri, dan dalam waktu 24 jam, hewan tersebut biasanya meninggal karena keracunan darah. Komodo dengan tenang mengikuti pelarian hewan tersebut karena Ia tahu kekuatan bakteri liurnya, mereka menggunakan perasaan yang tajam pada penciuman mereka untuk menemukan mangsanya. Komodo bisa memakan hingga 80 persen dari berat tubuhnya dalam sekali makan.

Populasi komodo sekitar 3.000 sampai 5.000 di pulau Komodo, Gila Motang, Rinca, dan Flores. Namun, kelangkaan dari bertelur betina, perburuan, perambahan, dan bencana alam telah mendorong spesies ini dengan status terancam punah.

Sumber: Animal National

Kata kunci pencarian:

No Responses

Add Comment