Mengenal Hedgehog, Landak Mini yang Menggemaskan!

Hedgehog, atau di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan Landak Mini, kenapa Hedgehog? Karena binatang berduri ini memiliki metode mencari makan yang khas dan unik. Hewan ini sering berjalan melalui hedge (pagar tanaman) dan semak lainnya untuk mencari makhluk kecil sebagai makanannya, seperti serangga, cacing, lipan, siput, tikus, dan katak. Sebagai landak kecil, mengambil jalan melalui pagar akan memancarkan dengusan seperti babi, dengan demikian namanya Hedgehog. Ada sekitar 15 spesies landak mini di Eropa, Asia, dan Afrika.

Beberapa orang menganggap binatang peliharaan landak mini berguna karena mereka memangsa banyak hama kebun. Saat mereka berburu mangsanya, mereka mengandalkan indera pendengaran dan penciuman/bau karena penglihatan mereka lemah.

Landak mini memiliki lapisan yang kaku, duri tajam. Jika diserang mereka akan meringkuk menjadi bola berduri dan tak menimbulkan selera bagi sebagian besar predator. Mereka biasanya tidur dalam posisi ini pada siang hari dan bangun di malam hari untuk mencari makanan.

Landak mini melakukan hibernasi di iklim dingin. Di gurun, mereka tidur melalui panas dan kekeringan dalam proses serupa yang disebut aestivasi. Mereka tetap aktif sepanjang tahun di lokasi yang lebih beriklim sedang.

Binatang-binatang soliter biasanya berpasangan hanya untuk kawin. Anak yang lahir setiap tahun , tetap dengan ibu mereka, empat sampai tujuh minggu sebelum berkeliaran sendiri. Ibu Hedgehog juga telah dikenal untuk mencari makan anak-anak mereka jika sarangnya terganggu, meskipun mereka kadang-kadang hanya pindah ke sarang baru.

Sumber: National Geographic

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment