Mengenal Harimau Sumatera (2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, “Mengenal Harimau Sumatera (1)“.

Harimau adalah hewan pemburu, dan mereka akan memakan apa saja yang bergerak. Harimau Sumatera suka bersembunyi di semak-semak dan menerkam mangsanya, menggunakan kaki panjang yang kuat, rahang, dan cakar untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Mereka memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat baik, yang membantu mereka melacak mangsanya. Di alam liar, mangsa disukai tampaknya babi dan rusa liar, dan mereka bisa makan lebih dari 18kg daging pada satu kali makan.

Harimau Sumatera betina mencapai kematangan penuh pada sekitar tiga sampai empat tahun, dan jantan dewasa secara seksual sekitar empat atau lima tahun. Hanya ada waktu yang sangat singkat sekitar tiga sampai enam hari setiap 3-9 minggu, untuk harimau betina menerima kawin, harimau jantan dan betina akan sering berpasangan selama periode ini dan tinggal bersama-sama, berburu dan bersosialisasi, sampai betina hamil.

Masa kehamilan biasanya sekitar 95-110 hari, dan sang betina melahirkan secara tersembunyi. Biasanya ada 2-3 anak harimau yang lahir. Mata anaknya tertutup saat lahir, dan tidak terbuka sepenuhnya sampai anak harimau berusia satu atau dua minggu. Anak harimau akan menyusui selama tiga sampai enam bulan dan akan mulai berburu dengan ibu mereka sekitar lima atau enam bulan. Mereka akan tinggal bersama ibu mereka, namun, itu hanya sampai mereka sepenuhnya mampu berburu sendiri, setidaknya 18 bulan sampai 2 tahun, dan mereka akan berkeliaran sendiri.

Harimau memiliki cara mereka sendiri dalam hal komunikasi. Mereka akan sering menggosok wajah mereka bersama-sama, mencium aroma masing-masing. Mereka juga berkomunikasi dengan geraman vokal, mendengus, dan mengaum. Mereka juga menggunakan bahasa tubuh, sebagian besar menggunakan ekor mereka, yang dapat menyampaikan berbagai emosi yang berbeda.

 

Sumber: IndonesianFauna.com, Zoo.org

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment