Mengenal Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia (1)

Burung unta (Struthio camelus), Memiliki tinggi 2,5 meter dan berat hingga 145 kg, burung unta menjadi burung terbesar di dunia. Burung unta memiliki banyak kemampuan unik yang membuatnya dapat beradaptasi dengan baik untuk hidup di savana, gurun, dan hutan terbuka di Afrika tengah dan selatan.

Burung UntaBurung unta memiliki tubuh yang panjang dan tinggi, otot kaki yang kuat untuk berjalan. Tidak seperti burung lainnya, yang memiliki tiga atau empat jari kaki, burung unta hanya memiliki dua jari pada setiap kakinya, yang memungkinkan untuk kecepatan yang lebih besar. Mereka dapat berlari hingga 70 km/jam dan kecepatan stabil 50 km/jam. Langkah yang dapat dijangkaunya hingga 3-5 m ketika dalam keadaan bahaya.

Burung unta menggunakan kaki kuat mereka untuk menendang. Dengan 10 cm kuku (cakar) pada setiap kaki, tendangan ke bawah mereka dapat menyebabkan kerusakan serius pada para predator.

Nama burung unta sendiri diambil karena burung unta memiliki kesamaan dengan seekor unta, seperti lehernya yang panjang dan matanya yang menonjol besar dilengkapi oleh bulu mata yang panjang. Kesamaan tidak berakhir di sana, burung unta juga dapat bertahan di suhu panas dan pergi untuk jangka waktu yang lama tanpa air, biasanya mereka mendapatkan kelembaban dari tanaman yang mereka makan.

Makanan mereka sebagian besar terdiri dari akar, daun, dan biji, tetapi burung unta akan makan apa pun yang tersedia. Kadang-kadang mereka juga memakan serangga, ular, kadal, dan hewan pengerat. Mereka juga menelan pasir dan kerikil yang membantu mereka menggiling makanan mereka di tenggorokan mereka. Karena burung unta memiliki kemampuan untuk menggiling makanan, mereka bisa makan hal-hal yang hewan lain tidak dapat cerna.

Seringkali kelompok burung unta akan merumput bersama di antara jerapah, zebra, gnus, dan antelop. Kehadiran mereka berguna karena mereka mengingatkan hewan lain ketika ada bahaya.

Burung unta pada umumnya, hidup bersama dalam kelompok sekitar bersepuluh, dipimpin oleh sang jantan yang dominan dan betina yang dominan. Jantan membela wilayah. Panggilan peringatannya keras dan mendalam. Dari jauh, kita dapat keliru, karena mirip dengan auman singa. Burung unta juga mendesis untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka.

Baca fakta selanjutnya di “Mengenal Burung Unta, Burung Terbesar di Dunia (2)“.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment