Mengenal Bison Amerika

Bison Amerika adalah mamalia besar berkuku yang mendiami dataran Amerika Serikat dan Kanada. Meskipun kadang-kadang disebut kerbau, bison Amerika tidak memiliki keterkaitan dengan kerbau atau kerbau Afrika. Bison Amerika lebih erat kaitannya dengan sapi dan kambing.

Bison jantan sedikit lebih besar dari bison betina. Namun bison jantan dan betina memiliki kepala yang cukup besar dengan tanduk melengkung dan jenggot.

Tinggi bison jika diukur dari bahu 1,5 hingga 2 meter, dan memiliki berat hingga lebih dari satu ton (rata-rata 907 kg). Meskipun mereka bertubuh besar, bison memiliki kecepatan yang tertumpu pada kaki mereka. Ketika kebutuhan untuk berlari, mereka dapat mencapai kecepatan hingga 65 km/jam. Rata-rata rentang hidup bison di alam bebas 12 sampai 20 tahun.

Makanan

Bison adalah hewan herbivora yang memakan rumput di padang rumput. Mereka umumnya akan beristirahat pada siang hari, karena jadwal makan mereka dipagi dan malam hari. Bison juga perlu mencari air setiap hari.

Predator

Bison memiliki beberapa predator alami, mereka adalah serigala, singa dan beruang. Di beberapa daerah, berburu bison meruapakan tindakan legal, manusia memburu bison untuk bisa mendapatkan daging dan kulitnya. Namun demikian, beberapa dari mereka juga dilindungi dengan ditempatkan di taman nasional dan cagar.

Reproduksi

Selama musim kawin (bulan Juni sampai September), bison jantan akan menggunakan kepala besar mereka menanduk satu sama lain dalam upaya mendapatkan perhatian bison betina. Pada bulan April atau Mei tahun berikutnya, perempuan melahirkan anak tunggal bison.

Anak yang baru lahir memiliki tubuh kemerahan, bulu coklat muda dan tidak memiliki punuk khas dari bison dewasa. Mereka mulai menjadi coklat dan mengembangkan punuk setelah beberapa bulan kemudian.

Anak bison dirawat hingga berumur 8 bulan dan sepenuhnya akan berdiri sendiri jika usianya sudah satu tahun. Bison jantan tidak berpartisipasi dalam membesarkan anak mereka.

Status konservasi

Dari populasi bison Amerika yang berjumlah jutaan, kini menyusut mendekati kepunahan. Meskipun program konservasi yang sedang berlangsung telah menghasilkan peningkatan dalam populasi mereka, bison Amerika saat ini masih diklasifikasikan sebagai hewan terancam punah oleh IUCN’s Red List.

Sumber:

Animal Fact Guide

National Geographic

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment