Mengenal Binatang Tertinggi di Dunia

Dengan memiliki ketinggian rata-rata sekitar 5 meter, jerapah menjadi hewan darat tertinggi di dunia. Ditandai dengan kakinya yang panjang, leher yang panjang, dan polanya yang khas. Banyak orang yang berasumsi bahwa jerapah merupakan persilangan antara macan tutul dan seekor unta, tercermin dalam nama ilmiahnya, Giraffa Camelopardalis.

Jerapah 2Jerapah hidup terutama di daerah Savana di wilayah sub-Sahara Afrika. Ketinggian ekstrim mereka memungkinkan mereka untuk makan daun dan tunas yang terletak jauh lebih tinggi dari yang bisa hewan lain dapat capai. Secara khusus, mereka mencari pohon akasia. Lidah panjang mereka sangat membantu kebutuhan untuk makan mereka, dengan membantu menarik daun dari pohon. Mereka banyak menghabiskan waktu mereka untuk makan, jerapah tumbuh dengan mengkonsumsi lebih dari 45 kg dari daun dan ranting dalam sehari.

Ketika jerapah berjalan, mereka menggerakan kedua kaki pada satu sisi dari tubuh mereka dan kemudian kedua kaki di sisi lain, ini adalah hal yangย  unik pada jerapah. Walaupun demikian, mereka juga berjalan dalam gaya yang mirip dengan mamalia lain, mengayunkan kaki belakang dan kaki depan serempak. Mereka bisa mencapai kecepatan 55 km/ jam dengan kecepatan penuh.

GiraffeJerapah tidur kurang dari dua jam sehari. Secara umum, mereka tidur dengan kaki mereka terselip di bawah mereka dan kepala mereka bertumpu pada bagian belakang mereka, tetapi mereka juga bisa tidur saaat berdiri dengan waktu yang singkat.

Jerapah betina baru bisa hamil pada usia 5 tahun. Mereka mengandung bayi mereka selama 15 bulan dan mereka melahirkan sambil berdiri. Bayi yang baru lahir memiliki tinggi sekitar 2 meter dan berat sekitar 70 kg.

Jerapah 3Jerapah dapat hidup hingga 25 tahun di alam liar. Mereka saat ini menghadapi beberapa ancaman, termasuk hilangnya habitat mereka akibat penebangan hutan. Selain itu, mereka juga diburu untuk daging, kulit, dan ekor mereka, hal yang diburu tersebut memiliki nilai dari banyak suku-suku Afrika.

Untuk membantu melestarikan populasi jerapah, yaitu salah satunya dengan memboikot atau menolak produk yang dibuat dengan bagian tubuh jerapah dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Juga, mendukung pelestarian hutan dan tidak menebang hutan.

Penyebaran Jerapah

Penyebaran Jerapah

Jerapah hidup terutama di daerah Savana di wilayah sub-Sahara Afrika.

 

Sumber: Animal Fact Guide

Kata kunci pencarian:

Related Posts

3 Comments

Add Comment