Mengapa Ayam Jantan Berkokok Ketika Menjelang Subuh?

Bila Anda selalu tidak berhasil bangun pagi dengan jam alarm, nampaknya alam menawarkan alternatif yang kian lebih handal. Menurut beberapa ilmuwan, ayam jantan muda bakal berkokok setiap hari walau fajar terlanjur nampak.

Hingga saat ini belum di ketahui apakah ayam jantan bikin keributan lantaran menyongsong sinar pagi atau mungkin lantaran mereka mempunyai jam tubuh sendiri. Namun beberapa ilmuwan Jepang mengklaim bahwasanya mereka tahu apa yang bikin ayam-ayam jantan ini membikin keributan setiap fajar tiba.

Dalam suatu studi, ayam berkokok sebelum akan fajar. Juga saat mereka diletakkan dalam keadaan lampu selalu menyala. Ini memperlihatkan bahwasanya ayam-ayam itu secara insting tahu perkiraan waktu hari itu.

Begitu juga dengan ayam yang diletakkan dalam pencahayaan redup selama beberapa saat, mereka juga berkokok selalu tepat di setiap pagi sebelum akan fajar. Ini menunjukkan bahwasanya tingkah laku itu dikarenakan lantaran irama sirkadian tubuhnya. Pernah dengar suara Tokek? Itulah irama sirkadian.

Temuan ini cuma awal dari usaha tim untuk menyingkap kokok ayam jantan yang tidak dipelajari dalam langkah yang sama sesuai dengan perkataan manusia. “Kami masih belum tahu kenapa anjing menyampaikan ‘bow-bow-bow’ serta kucing mengucap ‘meong’,” kata peneliti Dr Takashi Yoshimura, seorang pakar fisiologi hewan di Nagoya University di Jepang.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment