Menerjemahkan “Bahasa” Binatang dengan “Google Translate for Animals”

Google yang memiliki tujuan utama menyebarkan informasi dunia yang dapat diakses secara universal telah menciptakan aplikasi Translate for Animals, aplikasi yang dapat menerjamahkan “bahasa” hewan dengan mentranskripsikannya kedalam kata dan frasa.

Sebagaimana yang dilansir dari laman google.co.uk, “Bahasa adalah salah satu tantangan terbesar kami sehingga kami telah menargetkan upaya untuk menghilangkan hambatan bahasa antar spesies. Kami sangat antusias untuk memperkenalkan Translate for Animals, aplikasi Android yang kami harap akan memungkinkan kita untuk lebih memahami teman-teman satwa kita”. Google berharap dengan adanya aplikasi ini akan mendorong interaksi dan pemahaman yang lebih antara manusia dan hewan.

Translate for Animals

Translate for Animals adalah sebuah aplikasi untuk ponsel Android yang dapat mentranskripsi kata dan frasa yang umum untuk setiap spesies hewan. Dalam mengembangkan aplikasi terjemahan untuk hewan ini, Google bekerja sama dengan banyak tim top dunia dalam bidang bahasa dan dengan para pemimpin di bidang linguistik kognitif hewan, termasuk para senior di Perpustakaan Bodleian di Oxford.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut langkah-langkah untuk menggunakan Google Translate for Animals:

1. Bagaimana memulainya

Pergi ke Android Market dan cari aplikasi “Translate for Animals”, setelah ketemu unduh aplikasi tersebut.

2. Membuka aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, sentuh ikon aplikasi “Translate for Animals” dari menu utama untuk membukanya.

3. Pilih jenis hewan apa yang akan Anda terjemahkan

Setelah aplikasi terbuka, sentuh kotak ‘translate from’. Anda akan melihat menu drop-down terbuka. Pilihlah hewannya, kucing, anjing, burung, kelinci, marmut, hamster, kura-kura, kuda, ayam, domba, keledai, atau babi.

4. Pilih bahasa Anda

Sentuh kotak ‘translate to’ untuk memilih bahasatarget. Saat ini, hanya bahasa Inggris yang tersedia.

Catatan dari Google: “Kami sedang bekerja untuk mengembangkannya. Anda akan segera dapat menerjemahkan ke banyak bahasa.”

5. Merekam hewan Anda

Pastikan kondisi hewan Anda tenang. Dekatkan handphone Anda ke mulut hewan. Tekan “Press do listen” untuk merekam suara hewan, seperti meow dan “bahasa” hewan lainnya.

6. Pengolahan data

Harap bersabar sementara perangkat lunak mengenali suara hewan yang direkam, karena ada jutaan suara suara hewan yang disimpan dalam Animal Linguistic Database. Ini hanya memakan waktu beberapa detik.

7. Penulisan terjemahan

Setelah data diproses, Anda akan melihat transkripsi bahasa Inggris dari terjemahan apa yang hewan Anda katakan. Jika Anda ingin mendengar hasilnya dari suara atau audio tekan tombol speaker untuk mendengarkan versi audionya.

Catatan dari Google: “Ini bukan tanggung jawab kami jika Anda tersinggung atau kecewa dengan apa yang hewan anda mungkin katakan.”

8. Hargai hewan peliharaan Anda

Berikan hewan peliharaan Anda ucapan terima kasih atau hadiah. Selamat mencoba.

Berikut ini video bagaimana Google memperkenalkan aplikasi “Translate for Animals”

Sumber: Google

Kata kunci pencarian:

Related Posts

2 Comments

Add Comment