Menelusuri Keunikan Seekor Penguin Kaisar

Penguin merupakan salah satu hewan yang eksotis. Burung satu ini memang tak bisa terbang, namun mereka bisa ‘terbang’ dengan cara lain di dalam air. Terlebih mereka dikenal sebagai salah satu perenang yang sangat ulung.

Nah, dari sekian banyak jenis penguin, ada yang disebut dengan nama penguin kaisar. Sesuai dengan naanya, pinguin yang memiliki nama latin Aptenodytes forsten ini merupakan spesies pinguin paling panjang dan berat di dunia, dengan panjang mencapai 122 cm dan bobot dari 22 hingga 45kg.

Penguin kaisar merupakan spesies penguin endemik yang tinggal di Antartika. Hewan ini juga sempat dimunculkan sebagai nama karakter antagonis di serial komik Batman. Selain itu, hewan ini juga dikenal memiliki kemampuan adaptasi secara fisiologis dan melakukan kerjasama untuk beradaptasi di lingkungan yang keras.

Seekor penguin kaisar betina biasanya akan meninggalkan telurnya hingga menetas. Sebagai gantinya, penguin kaisar jantan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar akan bertugas untuk mengerami telur tersebut. Tak hanya itu, penguin kaisar jantan juga bertugas melindungi telur itu. Menariknya, selama mengerami telur yang berjalan hingga 3 bulan, penguin raja jantan tak akan makan apapun.

Penguin kaisar juga merupakan spesies burung yang mampu bertahan di lingkungan paling dingin, dengan suhu hingga -40 derajat Celcius dan kecepatan angin hingga 144km per jam. Untuk bertahan di lingkungan ekstrem, penguin ini memiliki lemak setebal 2-3 cm. Penguin kaisar adalah seekor karnivora. Makanan favoritnya antara lain adalah ikan, udang serta cumi-cumi.

Selain itu, penguin kaisar merupakan seorang penyelam yang sangat andal. Mereka mampu berenang hingga 15 km dan menyelam dengan kedalaman 900 kaki selama 18 menit. Bahkan seekor bayi penguin kaisar pun tak pernah diajari orang tuanya untuk menyelam. Mereka memiliki kemampuan tersebut secara alami.

Sumber: Wikipedia dan Animal Planet

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment