Memelihara Binatang Peliharaan Dapat Memperbaiki Mood dan Kesehatan!

Setiap hari kita disibukan dengan segala rutinitas, dari sekolah, kuliah, dan bekerja, tentu kita sebagai manusia biasa pasti ada rasa jenuh dan lelah yang kerap menghampiri. Tetapi bagi sebagian besar pemilik hewan peliharaan akan merasa senang ketika bisa merawat hewan peliharaannya, jenuh dan rasa letih seketika menjadi terlupakan olehnya.

Banyak yang tidak menyadari manfaat dari memelihara hewan, kesehatan fisik dan mental seseorang akan menjadi lebih baik ketika bermain dengan hewan peliharaanya. Baru-baru ini ada penelitian yang mengeksplorasi manfaat dari ikatan manusia dan hewan. The American Heart Association telah menghubungkan kepemilikan hewan peliharaan, dengan penurunan risiko penyakit jantung dan umur menjadi lebih panjang.

Studi menemukan bahwa:

  • Orang yang tidak memiliki hewan peliharaan cenderung menderita depresi dibandingkan mereka yang punya hewan peliharaan.
  • Orang-orang dengan hewan peliharaan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa hewan peliharaan.
  • Bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, yang membuat kita tenang dan rileks.
  • Pemilik hewan peliharaan memiliki kadar trigliserida dan kolesterol lebih rendah (indikator penyakit jantung) dibandingkan mereka yang tanpa hewan peliharaan.
  • Seseorang yang menderita penyakit jantung dengan memiliki hewan peliharaan akan bertahan hidup lebih lama daripada mereka (penderita penyakit jantung) yang tidak memiliki.
  • Pemilik hewan peliharaan di atas usia 65 tahun dapat membuat 30 persen lebih sedikit kunjungan ke dokter mereka, dibandingkan mereka yang tanpa hewan peliharaan.
  • Sementara seseorang dengan memiliki hewan peliharaan anjing akan sering mendapat manfaat kesehatan yang lebih besar, hewan peliharaan tidak selalu harus anjing atau kucing. Bahkan menonton ikan di akuarium pun dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan denyut nadi.

Dengan membelai, memegang, memeluk, atau menyentuh hewan peliharaan dengan penuh kasih dapat dengan cepat menenangkan kita, ketika kita sedang stres. Bersahabat dengan hewan peliharaan juga dapat terhindar dari kesepian. Memiliki hewan peliharaan merupakan stimulus yang besar untuk kita tetap sehat, yang dapat meningkatkan mood pemiliknya.

Sekian tentangĀ Binatang Peliharaan Dapat Memperbaiki Mood dan Kesehatan

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment