Manfaat Binatang Peliharaan bagi Anak-Anak

Anak-anak yang tumbuh dengan binatang peliharaan memiliki lebih sedikit risiko alergi dan asma, mereka belajar tanggung jawab, kasih sayang, dan empati dari memiliki binatang peliharaan. Tidak seperti orang tua mereka, binatang peliharaan tidak pernah kritis dan tidak pernah memberi perintah. Mereka selalu mencintai dan hanya kehadiran mereka di rumah dapat membantu memberikan rasa aman pada anak-anak. Memiliki anjing atau kucing, misalnya, dapat membantu meringankan separation anxiety (kecemasan berpisah) pada anak-anak ketika Ibu dan Ayahnya tidak ada di dekatnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa binatang  peliharaan dapat membantu menenangkan anak hiperaktif atau yang terlalu agresif. Namun demikian, binatang peliharaan dan anak perlu dilatih untuk berperilaku yang sewajarnya diantara mereka.

Keakraban anak dan kucingnya.

Keakraban anak dan kucingnya

Anak-anak dan orang dewasa sama mendapatkan keuntungan dari bermain dengan binantang peliharaan, keduanya bisa menjadi sumber ketenangan dan rileksasi, serta sebagai sumber stimulasi untuk otak dan tubuh. Bermain dengan binatang peliharaan bahkan bisa menjadi pintu untuk belajar bagi anak. Hal ini dapat merangsang imajinasi dan rasa ingin tahu anak. Imbalan saat melatih anjing untuk melakukan trik baru misalnya, dapat mengajarkan anak-anak akan pentingnya ketekunan. Merawat binatang peliharaan juga dapat memberikan manfaat lain kepada seorang anak.

Beberapa anak dengan autisme atau kesulitan belajar lainnya lebih mampu berinteraksi dengan binatang peliharaan daripada orang. Anak-anak autis sering mengandalkan isyarat non-verbal dalam berkomunikasi, seperti yang dilakukan pada binatang peliharaan. Belajar untuk berinteraksi dengan kucing atau anjing, misalnya, akan membantu anak autis dalam interaksi mereka dengan orang-orang.

Binatang peliharaan dapat membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar untuk mengatur kesendirian, stres, dan ketenangan, membuat mereka lebih siap untuk Mengatasi tantangan gangguan mereka. Bermain dan berolahraga dengan binantang peliharaan dapat membantu anak dengan gangguan belajar dan tetap waspada  dan juga penuh perhatian sepanjang hari. Binatang peliharaan juga dapat menjadi penangkal besar untuk stres dan frustrasi yang  disebabkan oleh ketidakmampuan belajar.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment