Makanan yang Paling disukai Kucing Anggora

Makanan yang Paling disukai Kucing Anggora – Hallo sobat setia pengunjung binatang.net. Pada tulisan kami yang lalu, kami telah membahas bagaimana cara mengenali jenis, ciri-ciri, makanan kucing anggora sesuai kebutuhannya, karakteristik kucing Anggora serta perbedaannya dengan kucing Persia. Tapi kali ini kami akan mengupas tuntas makanan yang paling disukai oleh jenis kucing Anggora ini. Apakah sobat penasaran dengan makanan kesukaan dari jenis kucing Anggora ini ? Mari simak ulasan kami berikut ini:

Setiap jenis kucing memiliki makanan kesukaan dan tentunya dapat mempercepat pertumbuhan sikucing tersebut. Mungkin masih ada teman-teman kita yang belum mengetahui makanan yang disukai oleh kucing, khusus nya jenis kucing Anggora. Sebelum kita mengetahui apa saja makanan kesukaan dari kucing Anggora, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui kebutuhan nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing Anggora.

Pada umumnya makanan kebutuhan nutrisi makanan kucing Anggora dan Persia sama saja yaitu yang banyak mengandung vitamin dan asam amino. Namun yang perlu sobat perhatikan bahwa “jangan sekali-kali memberikan makanan anjing kepada kucing”. Karena makanan anjing mengandung zat taurin yang dapat mengakibatkan degenerasi retina, kehilangan penglihatan dan kerusakan pada jantung kucing. Apakah sobat menginginkan hal ini terjadi pada kucing kesayangan sobat ? Tentu saja tidak. Maka dari itu, kami akan memberikan jenis makanan yang disukai oleh kucing Anggora sebagai berikut:

1. Dry Food (Makanan Kering)
Makanan kering atau Dry Food khusus kucing dapat dengan mudah sobat jumpai di petshop-petshop yang beredar di Indonesia. Jenis makanan kering ini berbentuk seperti sereal dan mengandung 8-10% air. Makanan kering ini diracik dengan cara ekstruksi daging dengan tekanan serta suhu yang tinggi. Pemberian makanan kering dapat sobat berikan tambahan bahan lain seperti lemak makanan. Lemak makanan ini dapat meningkatkan palatabilitas dan rasa dari makanan tersebut.

Kelebihan makanan kering ini adalah dapat bertahan lama, baik bagi kesehatan gigi kucing, melindungi kulit & bulu kucing, mengurangi hairballs (penyakit yang disebabkan banyaknya perawatan bulu yang berlebihan) serta mengandung gizi lebih tinggi yang dapat menggemukan kucing. Akan tetapi menurut dokter hewan, jangan sembarangan memilih jenis makanan kering. Sobat harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam kemasannya. Sampai saat ini jenis makanan kering untuk kucing telah banyak beredar dipasaran seperti Royal Canin, Friskies, Whiskas, Pro Plan, Eureka, Star Pro dan lain sebagainya.

2. Wet Food (Makanan Basah)
Pada umumnya, para pecinta kucing memberikan jenis makanan basah ini pada kitten (anak kucing) yang belum bisa makan Dry Food. Selain itu, Wet Food juga bisa dicampur dengan Dry Food untuk memancing nafsu makan kucing. Wet Food biasanya berupa kornet dalam kaleng. Akan tetapi, mengkonsumsi makanan kaleng ini dalam jangka panjang akan memberikan dampak negatif pada kesehatan kucing.

3. Raw Food (Makanan Alami)
Apa bila sobat tidak ingin menerima resiko makanan yang dikemas dalam kemasan, sobat bisa memilih jenis makanan alami ini. Makanan alami ini dapat kita buat sendiri tanpa membelinya dipetshop. Sobat bisa memberikan daging yang dipadukan dengan sedikit sayuran lalu kukus lah hingga matang. Namun jangan berikan makanan dalam bentuk gumpalan besar. Hal ini dapat membersulit kucing Anggora dalam memotong makanannya. Cincanglah makanan tersebut kecil-kecil agar dapat masuk kedalam mulut kucing Anggora.

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing adalah hewan karnivora, maka pemberian Raw Food lebih di rekomendasikan agar sikucing dapat menikmati makanan alami. Sobat bisa memilih jenis Raw Food sebagai berikut :

  • Daging. Pilih lah daging sapi, ayam, atau kelinci. Pemberian daging ini lebih disarankan dalam keadaan matang.
  • Ikan. Pilihlah ikan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kucing. Pembarian ikan lebih baik dalam keadaan segar dan mentah agar sistem pencernaan kucing tidak terganggu.
  • Kuning telur. Pilihlah kuning telur yang masih bagus dan jangan berikan putih telurnya.
  • Keju. Keju merupakan jenis makanan yang terbuat dari susu. Berikanlah keju ini secara berkala. Namun apa bila kucing sobat diare setelah makan keju, maka hentikanlah pemberian keju ini, karena tidak semua kucing cocok memakan keju.

Demikianlah informasi dari kami mengenai makanan yang paling disukai kucing Anggora. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan sobat pengetahuan akan pemberian pakan kucing yang disukainya khususnya jenis kucing Anggora. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Salam hangat, team binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts