Kucing Terkena Gigitan Ular? Begini Cara Perawatannya

Indonesia adalah negara yang tropis. Indonesia juga menjadi rumah dari berbagai jenis flora dan fauna, termasuk di antaranya adalah ular berbagai jenis. Dengan kondisi seperti itu, tak jarang muncul berbagai peristiwa gigitan ular. Tak hanya manusia yang menjadi korban gigitan, binatang peliharaan seperti kucing pun tak luput dari peristiwa ini.

Lalu, bagaimana yang harus kamu lakukan saat kucing kesayanganmu terkena gigitan ular? Terlebih ular berbisa. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti agar kucing peliharaanmu dapat selamat dari bisa ular. Jika kucing digigit oleh ular berbisa, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Lakukan pendekatan secara halus. Seekor kucing yang terkena gigitan ular bisa saja menjadi nervous. Akibatnya mereka pun menjadi cukup sulit untuk didekati. Oleh karena itu, kamu harus mencoba cara yang hati-hati untuk bisa mendekati kucing tersebut.
  2. Selanjutnya ikat bagian tubuh kucing yang terkena gigitan ular.
  3. Semprotkan hidrogen peroksida 3 persen ke bagian tubuh kucing yang terkena gigitan ular.
  4. Setelah melakukan tiga langkah-langkah tersebut di atas, kamu bisa dengan aman membawa kucing pergi ke dokter hewan.

Lalu bagaimana jika kucing digigit oleh ular tak berbisa? Langkah-langkah yang harus kamu lakukan lebih sederhana, yakni:

  1. Pastikan dulu jenis ular yang menggigit kucing kesayangan kamu. Kalau tidak tahu, ada baiknya kamu ikuti langkah-langkah seperti pada kasus digigit oleh ular berbisa.
  2. Kalau kamu sudah yakin bahwa ular yang menggigit kucing bukanlah ular berbisa, maka kamu bisa langsung membawa kucing ke dokter hewan.

Sumber: Animal Planet

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment