Keunikan Salamander asal Mexico

Axolotl Salamander (Ambystoma Mexicanum) merupakan seekor salamander yang hidup di air dengan bentuk tubuh yang unik dan lucu. Hewan langka ini kerap disapa Mexican Walking Fish. Kenapa demikian ? Karena Axolotl berbentuk seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Selain itu, ikan berkaki empat ini sering juga disebut sebagai ikan naga. Kebiasaan ini terjadi karena orang-orang timur selalu mengait-ngaitkan Salamander ini ke suatu legenda ular naga.

Nama Axolotl sendiri diambil dari bahasa Aztec yang artinya “anjing air”. Hal yang unik pada Salamander Mexico ini adalah dalam keadaan tertentu hewan ini dapat bermetamorfosis. Misalnya jika seandainya sumber air didaerah tempat tinggalnya mengering, hewan ini akan bermetamorfosis ke bentuk tubuh yang mendukung kehidupaannya didarat seperti mirip dengan bentuk larvanya. Bentuk Axolotl darat memiliki perbedaan dari bentuk Axolotl air yakni pada bagian kepalanya tidak lagi terdapat insang, bagian ekor yang lebih kecil serta mata yang tampak lebih menonjol. Namun jika nanti hewan unik ini telah menemukan sumber air yang cukup, dia akan kembali ke bentuk aslinya dan hidup di perairan.

Disamping itu, Salamander asal Mexico ini juga memiliki keunikan lain berupa kemampuan untuk beregenerasi. Kemampuan ini menjadi keunikan yang istimewa dibandingkan hewan-hewan lainnya dimana Axolotl mampu menunbuhkan kembali begitu banyak bagian tubuh yang berbeda disepanjang hidupnya. Berbeda dengan cicak yang hanya mampu memutuskan ekornya dan menumbuhkannya kembali ketika merasa terancam. Dengan adanya sel pokok (stem sell), Axolotl mampu melipat gandakan sel ini saat ada jaringan yang hilang di tubuhnya.

foto gambar salamander indonesia
Namun sangat disayangkan sekali, keunikan ini menjadikan hewan ini sebagai hewan yang teracam punah. Terjadinya polusi dan ketamakan manusia yang ingin memburunya untuk dijadikan peliharaan membuat populasi amfibi langka ini menjadi berkurang.

Demikian artikel dari binatang.net tentang Salamander, semoga bermanfaat bagi Anda yang mencintai hewan-hewan unik yang jarang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa baca artikel lainnya tentang hewan Amfibi. Sekian dan terima kasih.

Kata kunci pencarian:

Related Posts