Kenapa Kucing yang Jatuh Dari Ketinggian Tidak Mati?

Anda barangkali sempat melihat kucing yang jatuh dari tempat tinggi dapat mendarat dengan mulus serta tak mengalami cedera. Mengapa dapat terjadi hal demikian?

Hal semkucing jatuhacam ini berlangsung lantaran kucing (serta sebagian hewan lain) mempunyai sistim keseimbangan serta koordinasi yang mengagumkan. Sistim inilah yang buat kucing saat jatuh dapat mengerti dalam posisi apa dia jatuh. Jika dia jatuh dalam posisi terbalik, dia dapat selekasnya memutar badan hingga kakinya ada di sisi bawah, serta bersiapย untuk mendarat. Mendaratnya juga tidak asal meregangkan kaki. Jika manusia jatuh dari tempat tinggi dengan kaki ke bawah, umumnya pasti patah kan. Jika kucing sudah cerdas, mereka sesudah memutar kaki ke bawah, selekasnya meregangkan kakinya hingga angin menahan jatuh badannya. Serta waktu bersentuhan dengan tanah, kakinya segera ditekuk agar memperkecil efek jatuhnya.

Rekor paling tinggi sempat mencatat bahwasanya kucing pernah jatuh dari ketinggian lantai 46 tingkat (meskipun sembari jatuh dia sempat memantul ke kanopi) serta tetap dapat bangun serta jalan dengan agak terpincang, mengagumkan bukan? Jika manusia, pasti sudah mati tuh. Namun riset membuktikan bahwasanya makin tinggi kucing jatuh, semakin banyak tulangnya yang patah. Namun hanya sampai batas lantai 5 tingkat saja. Lebih dari itu, jumlah tulang kucing yang patah menurun drastis, terlebih jika makin tinggi.

Rahasia Kucing Tidak Jatuh

Nah rahasianya yaitu, kucing (serta sebagian hewan yang lain) mempunyai apa yang disebut dengan terminal velocity, yakni kecepatan jatuh maksimum yakni 60 mil perjam. Waktu kucing jatuh, kan sesuai hukum fisika, kecepatan jatuh si kucing semakin bertambah. Nyatanya, waktu kecepatan jatuh kucing mencapai terminal velocity, di waktu tersebut kucing terasa paling rileks serta nyaman. Maka dia mulai meregangkan kakinya seperti bajing loncat untuk mengurangi efek jatuhnya. Nah itulah penyebab semakin tinggi dia jatuh, semakin bertambah peluang untuk terasa rileks. Itu juga penyebab jika dijatuhkan dari tempat yang rendah, dia tidak pernah merasa rileks. Maka dari itu jatuhnya lebih berasa.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

12 Comments

Add Comment