Kapibara, Hewan Peliharaan Unik Mirip Hamster dengan Tubuh Raksasa

Kadang memiliki hewan peliharaan berupa anjing atau kucing sudah terlalu mainstream. Orang pun memilih untuk memelihara hewan yang eksentrik dan unik. Setelah Chinchilla, ada pula hewan asal Amerika Selatan lain yang tergolong unik jika dijadikan hewan peliharaan, yakni Kapibara.

Kapibara yang memiliki nama latin Hydrochoerus hydrochaeris merupakan hewan pengerat terbesar di dunia. Hewan ini berasal dari Amerika Selatan dan biasanya tinggal di savana, hutan lebat. Hewan ini juga merupakan jenis binatang yang sulit lepas dari air.

Kapibara merupakan hewan yang hidup secara berkelompok di alam liar. Dan yang paling penting, hewan ini bukanlah termasuk dalam binatang yang terancam punah. Jadi, memilih kapibara sebagai salah satu hewan peliharaan tak akan membahayakan kelanjutan hidup spesies yang satu ini.

Namun untuk memelihara hewan ini bukanlah hal yang mudah. Salah seorang blogger bernama Melanie Typaldos mengatakan bahwa tak semua orang bakal cocok memelihara kapibara. “Kapibara membutuhkan perhatian dan waktu yang sangat banyak,” ujarnya seperti dikutip dari Babble.

Typaldos mengatakan bahwa kapibara merupakan hewan yang agresif. Kapibara pun memiliki gigi yang tajam. Selanjutnya, hewan ini juga memerlukan kolam air serta rumput yang masih fresh. Typaldos juga mengaku bahwa hewan ini menghabiskan biaya yang besar untuk makanan sehari-harinya.

Selain itu, Typaldos juga mengaku kesulitan kalau hewan peliharaannya terserang penyakit. “Hampir mustahil menemukan seorang dokter hewan yang memiliki pengalaman merawat seekor kapibara,” jelasnya. Selain itu, dia juga merasa kalau informasi mengenai kapibara juga sangat sedikit. Oleh karena itulah dia pun memulai aktivitas menulis tentang hewan peliharaannya tersebut.

sumber: Babble.com

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment