Jenis Kelinci Mungil

Kelinci merupakan hewan yang sudah tidak asing lagi dengan kita. Mulai dari hewan peliharaan hingga salah satu jenis makanan , yaitu sate kelinci. Kelinci termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat banyak kita temukan di lingkungan sekitar. Untuk mengenal lebih dekat hewan mamalia satu ini, kita kenali dahulu jenis-jenisnya. Jenis – jenis kelinci berdasarkan ukuran dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu small (berat kurang dari 2,5kg), medium (2,5kg-4,5kg), dan large (6kg-14,5kg).

Di artikel kali ini kita bahas yang tipe small yaitu dengan berat badan kelinci sekitar 0,9kg hingga 2,5 kg. Kita mulai dari kelinci dengan berat badan yang paling ringan, yaitu :

  • Netherland dwarf (0,9kg-1,2kg)

Jenis ini merupakan jenis kelinci yang kecil mungil. Dengan tubuh yang mini, sehingga lehernya juga pendek serta memiliki kuping yang mini dan pendek sekitar 5cm. Kelinci Netherland Dwarf

Netherland-Dwarf-Doe-PhotoNetherland Dwarf

  • Britanian Petit (1kg-1,5kg)

Agak berbeda dengan kelinci jenis Netherlan Dwarf, karena Britanian Petit ini memiliki tubuh yang kecil dan ramping. Kaki depannya panjang dan tegang, namun melengkung. Kupingnya berdiri tegak dan rapat saat posisi pose.

britania Petit

  • Himalaya (1,2kg-2kg)

Seperti namanya, jenis kelinci ini adalah kelinci yang berasal dari pegunungan Himalaya. Jenis kelinci ini tersebar hingga daerah Rusia, dan dataran tinggi Himalaya. Tubuhnya panjang dan terdapat point di kuping, ke empat kakinya dan ekor yang membuat kelinci ini menjadi lebih unik. Selain itu, terdapat satu hal lagi yang unik yaitu warna seal itu tergantung oleh suhu. Semakin dingin suhu maka point itu akan semakin pekat warnanya.

Himalaya

  •  Holland lop (1,4kg-maksimal 2kg)

Holland Lop merupakan hasil dari persilangan kelinci French Lop dengan netherland Dwarf. Sehingga hasilnya adalah tubuh yang kecil dan serasi. Kakinya pun pendek dan memiliki bentuk kepala yang bulat, serta kuping yang tidak tegak alias jatuh/turun dan dan panjangnya tidak lebih dari 2,5cm dari dagu.

Dua Holland Lop

  • American Fuzzy Lop (1,4kg-2kg)

Iya, seperti wajah anjing Bulog yang memiliki kuping menjuntai kebawah. jenis American Fuzzy Lop ini mirip dengan Holland Lop, sehingga banyak orang yang mengira bahwa American Fuzzy Lop ini adalah hasil dari persilangan Holland Lop dengan Angora, namun itu tidak benar. American Fuzzy Lop adalah gen resesif dari American Fuzzy Lop yang dikembangkan oleh Patty Greene-Karl dan Gary Fellers.

american Fuzzy Lop

  •  Jersey Wooly (1,5kg-2kg)

Kelinci Jersey Wooly ini tidak berbeda jauh dengan netherland dwarf, karena perbedaan ukuran badannya tidak terlalu mencolok. Sama-sama meiliki tubuh yang kecil, namun perbedaannya adalah bulu di badan lebih panjang dan menyerupai wool. Panjang bulunya 5cm-6cm.

Kelinci Jersey Wooly

  • Dutch (2kg-2,5kg)

dutch adalah kelinci yg memiliki pola warna yg unik.memiliki marking warna yang seperti sabuk.. kelinci ini adalah tipe kecil, memiliki gen yang dominan serta sifatnya yang jinak.kelinci dutch adalah pengasuh anak yang baik.
Dutch mempunyai warna asli Hitam-Putih. namun pada perkembangannya ada banyak warna seperti Kuning-Putih, Cokelat-Putih, Biru-putih dan Abu-abu-Putih

dutch

Sekian tentang Jenis Kelinci Mungil.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment