Jenis-jenis ikan lele budidaya

Ikan lele ( Clarias Sp.) merupakan ikan budidaya yang tersebar di perariran asia dan afrika. Pada dasarnya ikan lele banyak sekali jenisnya namun hanya sedikit ikan lele yang layak di budidaya dan di konsumsi di perairan indonesia.

Di indonesia terdapat dua species dari ikan lele yang biasa di budidayakan masyarakat yaitu species Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus. Dari dua species ini ada beberapa yang di kategorikan lele dengan kualitas unggul, yaiut Lele Sangkuriang, Lele Dumbo,dan lele phyton.

Berikut penjelasan lengkap mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing ikan lele tersebut:

1. Ikan Lele Lokal

Ikan Lele Lokal

Lele lokal ( Clarias Batrachus ) merupakan lele yang paling banyak di kenal oleh masyarakat sebelum kehadiran lele Dumbo. Pada saat ini setelah mengenal lele dumbo, para petani sangat jarang sekali membudidayakan lele lokal karena pertumbuhan lele lokal yang kurang cepat . Lele lokal umur 1 tahun masih kalah besar dengan lele dumbo umur 2 bulan. Oleh karena itu untuk menekan biaya produksi masyarakan lebih memilih lele dumbo di banding lele lokal.

Lele lokal di indonesia yang paling banyak di budidayakan yaitu lele lokal yang berwarna hitam. Selain warna hitam lele lokal juga ada yang berwarna putih , belang putih dan berwarna merah, namun lele tersebut jarang di pakai untuk di budidayakan malah sering di gunakan sebagai ikan hias.

2. Lele Dumbo

Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo bukan merupakan hewan asli dari indonesia. Ikan lele dumbo ini diperkenalkan pada tahun 1985 setelah sebelumnya mengimport lele dumbo dari Taiwan. Lele Dumbo saat ini menjadi Favorit di kalangan masyarakat karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan badannya yang besar di banding lele lokal.

Cara membedakan Lele Dumbo dan Lele Lokal yaitu dari warnanya lele dumbo memiliki warna hitam kehijauan dan mempunyai patil yang tidak beracun. Lele dumbo tidak suka membuat lobang di tanah, sehingga sangat cocok bila di budidayakan di kolam tanah. DIbalik kelebihannya dalam pertumbuhan yang sangat cepat, lele dumbo juga memiliki kekurangan dari segi dagingnya, daging lele dumbo bisa terbilang lembek di banding lele lokal. Banyak orang lebih menyukai daging lele lokal karena rasanya yang lebih enak di banding lele dumbo.

3. Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang resmi di keluarkan oleh Departement Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Lele sangkuriang merupakan hasil perkawinan dari Induk lele dumbo betina generasi ke 2 atau F2 dan lele jantan F6. Lele sangkuriang di harapkan bisa menjadi pengganti lele dumbo yang semakin hari semakin kurang produktif.

Terbukti Lele Sangkuriang yang di kembangkan oleh Balai Besar Pengembangan Air Tawar (BBPAT) Sukabumi sejak tahun 2002 ini menuai hasil yang cukup memuaskan. Ikan lele sangkuriang yang mereka kembangkan bisa lebih produktf di banding lele dumbo, lele sangkuriang mempunyai kemampuan bertelur hinigga 40.000 – 60.000 setiap pemijahan. Kemampuan fisik dari lele sangkuriang juga lebih unggul dan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit. Selain itu daging lele sangkuriang ini lebih enak di banding daging lele jumbo.

4. Ikan Lele Python

Ikan Lele Pyton

Ikan Lele Pyton merupakan ikan lele yang di kembangkan oleh masyarakat asli di kabupaten padeglang,pada tahun 2004. Ikan lele Pyton ini di kembangkan untuk menjawab ke khawatiran para masyarakat tentang iklim dingin kota padeglang yang hampir mencapat 17 Celcius ketika malam. Tentu suhu tersebut tidak cocok dengan ikan lele jumbo yang mereka budidayakan.

Berkat usaha para masyarakat  selama 2 Tahun, ditemukanlah ikan lele python yang merupakan hasil persilakan Ikan Lele Eks Thailand F2 dengan ikan lele lokal. Ikan Lele Pyhon ini cukup tangguh bertahan di suhu dingin di kabupaten padeglang sehingga sangat cocok di budidayakan di kabupaten tersebut. Tingkahnya yang lincah dan bentuk kepala seperti ular Phyton yang mendasari nama dari ikan lele python. Dagingnya lebih gurih,tidak lembek dan hampir menyerupai rasa dari ikan lele lokal.

Demikianlah artikel mengenai Jenis-jenis ikan lele. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Binatang.Net untuk terus mengupdate informasi tentang Dunia Binatang. Semoga Bermanfaat .

Kata kunci pencarian:

Related Posts

2 Comments

Add Comment