Jenis Jenis Cicak

Siapa yang tidak tahu hewan Cicak ? Ya hewan yang dikategorikan sebagai reptile ini sangatlah mudah kita jumpai menempel di atap-atap rumah atau bisa juga kita jumpai di pohon-pohon. Cicak secara umum memiliki kulit berwarna coklat tetapi ada juga cicak yang berwarna abu abu dan juga warna kehitaman.

Berikut Jenis Jenis Cicak yang berhasil kami rangkum.

1. Cicak Tembok

Cicak Tembok

Cicak Tembok ( Cosymbotus platyurus ) adalah cicak yang paling sering kita temui, sesuai namanya cicak ini sering menempel di tembok-tembok rumah. Ciri khas dari Cicak Tembok ini  yaitu tubuhnya yang terbilang cukup besar dan memiliki ekor yang cukup lebar dan memiliki lipatan agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.

2. Cicak Kayu

Cicak Kayu

Cicak Kayu ( Hemidactylus frenatu ) memiliki tubuh lebih kurus dibandingkanb cicak tembok, ekornya bulat dan memiliki enam buah tonjolan yang menyerupai duri di ekornya. Sesuai namanya cicak kayu lebih menyukai tinggal di tempat yang memiliki unsur kayunya seperti , poho, atap rumah, dan tidak jarang cicak kayu juga sering di temukan bersama cicak tembok.

3. Cicak Gula

Cicak Gula

Cicak Gula ( Gehyra mutilata ), pada umumnya memiliki tubuh yang gemuk dan pendek, kulitnya agak transparan dan berbintik-bintik. Ciri khas lain dari Cicak Gula ini yakni Jari pertamanya tanpa cakar atau tak memiliki ruas jari terakhir,memiliki sederet bintik atau bercak kecil keputihan terdapat di belakang bola mata,dan alur tulang punggung dan tulang tengkorak sering nampak samar-samar sehingga cicak ini sering disebut memiliki warna yang transparan. Cicak Gula biasanya di temui di sekitar dapur, lemari makan , kamar mandi,dan meja kerja. Makanan kesukaan si cicak gula ini yakni gula.

4. Cicak Batu

Cicak Batu

Cicak Batu ( Cyrtodactylus marmoratus ), memiliki tubuh yang cukup besar dan berukuran sekitar 100-120cm. Pada umumnya Cicak Batu memili warna kulit coklat kehitam-hitaman. Tidak banyak yang mengulas tentang cicak batu ini karena sangat jarang di temukan. 

Demikianlah postingan mengenai  Jenis-Jenis Cicak. Semoga dapat menambah informasi bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Binatang.net untuk mengupdate informasi anda tentang binatang.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment