Jenis-jenis Beruang yang Terancam Punah

6 dari 8 Jenis Beruang yang Terancam Punah – Hallo pengunjung setia binatang.net. Kali ini kami akan membahas 6 dari 8 Jenis Beruang yang terancam punah. Hewan yang memiliki reputasi sengit dan tergolong agresif ini rupanya termasuk hewan yang damai dan soliter. Beruang adalah hewan darat pemakan daging terbesar dan paling karnivora sekali. Hingga saat ini, spesies beruang di dunia hanya tinggal 8 spesies yaitu :

  • Asiatic Black Bear (Beruang Hitam Asia)
  • Black Bear (Beruang Hitam)
  • Brown Bear (Beruang Cokelat)
  • Grizzly Bear
  • Beruang Kutub
  • Beruang Sloth
  • Spectacled Bear (Beruang Spectacled)
  • Sun Bear

Dan diantara ke 8 spesies tersebut terdapat 6 spesies yang terancam punah. Beruang apa saja kah itu ? Mari simak ulasan dari team binatang.net berikut ini.

1. Black Bear

Beruang ini memiliki nama latin ursus americanus. Selain itu, beruang ini lebih dikenal dengan nama American Black Bear. Hingga kini beruang ini hanya tinggal 2 subspesies yakni Cinnamon Bear dan Kermode Bear. American Black Bear dapat ditemui di benua Amerika bagian Utara pada daerah Meksiko, Aanada dan Alaska. American Black Bear merupakan spesies beruang terberat ke empat dari 8 spesies beruang yang ada saat ini. Berat badan hewan ini antara 75 kg sampai 225 kg.

2. Brown Bear

Brown Bear (Beruang Cokelat) merupakan jenis mamalia darat pemakan daging terbesar dari semua jenis beruang. Beruang Cokelat hidup di wilaya timur eurasia dan Amerika Utara terutama lebih banyak terdapat pada daerah Alaska, Rumania, Ukraina, Slowakia, dan Polandia. Sebagai jenis beruang terbesar bobot dari beruang ini dapat mencapai 130 kg hingga 700kg. Ada beberapa subspesies dari beruang cokelat diantaranya adalah Beruang Cokelat Suriah, Beruang Cokelat Kodiak, Beruang Cokelat Alaska, Beruang Grizzly dan Beruang Cokelat Meksiko.

3. Grizzly Bear (Beruang Cokelat Amerika)

Grizzly Bear merupakan termasuk spesies Beruang Cokelat. Grizzly Bear memiliki nama latin ursus arctos horribilis. Habitat Beruang Grizzly berada di Kanada Barat, Alaska dan Amerika Serikat Barat Laut. Beruang ini memiliki ciri-ciri lapisan berwarna cokelat sedang hingga gelap dengan abu-abu. Biasanya disebut beruban dibulunya. Beruang ini merupakan jenis beruang cokelat yang berukuran kecil dengan bobot beruang dewasa hanya mencapai 364 kg.

4. Himalayan Black Bear

Beruang Hitam Himalaya memiliki nama latin ursus thibetanus laniger pocock. Hewan ini tersebar didaerah Kashmir, Himalaya dan Sikkim. Hewan ini termasuk spesies Beruang Hitam Asia.

5. Malayan Bear

Beruang ini memiliki habitat di Myanmar, Thailand, Indochina dan sebagian dari Indonesia. Beruang ini memiliki ukuran tubuh yang termasuk kecil dengan ciri khas tanda kuning berbentuk cincin di bagian dadanya. Beruang ini biasanya kita kenal dengan nama “Beruang Madu”

6. Polar Bear

Siapa yang tak kenal dengan hewan karnivora dari kutub ini. Polar Bear biasa dikenal dengan nama Beruang Kutub. Dihabitatnya, hewan ini adalah hewan air dari wilayah Arktik. Beruang Kutub merupakan hewan yang tertutup dengan bulu putih tebal hingga ketelapak kakinya. Polar Bear hidup didaratan es dan jaug dari daratan dan pulau-pulau di daerah samudra Arktik.

Dari sekian banyak spesies beruang di dunia ini, kini hanya tinggal 8 spesies yang mampu bertahan. Akan tetapi, 6 diantaranya terancam punah. Apakah kita sebagai manusia akan tega melihat makhluk ciptaan Tuhan ini punah ? Semoga kita dapat pelajaran dari tulisan ini, bahwa apapun jenis-jenis beruang di dunia ini mesti kita lestarikan keberadaannya. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Salam hangat, binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts