Inilah Tikus Peliharaan Hias dari Jepang

Apakah ada jenis tikus yang bisa dipelihara ? Bukan kah tikus merupakan hewan pengerat yang jorok dan suka tinggal di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah ? Jika kita melihat tikus hias asal jepang ini, maka opini diatas tidak akan berlaku. Bagi sebagian orang, tikus hias jepang sering dijadikan binatang peliharaan alternatif. Jenis tikus ini berbeda dengan tikus-tikus rumahan atau yang biasa juga kita temui di got-got bahkan ditempat sampah sekalipun.

 Inilah Tikus Peliharaan Hias dari Jepang

Bentuk tikus hias Jepang ini sangat mungil dan imut-imut. Tikus ini tergolong jinak, memiliki bulu yang halus mengkilat dan senang diajak bermain. Tikus hias Jepang juga tidak sama dengan hamster, baik itu hamster mini atau yang besar seperti siryan. Tikus hias Jepang ini juga tergolong hewan yang bersih. Hal ini dapat dirasakan dari bau kandangnya, dibandingkan dengan hamster kandang tikus hias Jepang tidak terasa menyengat dengan kata lain lebih sedikit kurang bau dibandingkan kandang hamster yang biasanya berbau menyengat.

Sobat tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk memelihara tikus hias Jepang ini. Pasalnya, memelihara tikus hias Jepang ini sangat mudah sekali. Tikus hias jepang tergolong dalam binatang omnivora. Sobat bisa memberi hewan ini pakan apa saja. Kemudahan lain dalam memelihara tikus hias Jepang adalah tikus ini tidak rewel, dia tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya hamster. Tikus ini juga bisa tinggal di dalam kandang yang biasa dipakai oleh hamster mini yang memiliki jarak jeruji yang sempit. Hal ini untuk mencegah tikus kabur dari kandangnya karena tikus ini mampu melewati celah yang sempit dari pada ukuran tubuhnya. Untuk bagian alasnya sobat bisa menggunakan pasir zeolit, pasir kali, sekam kering atau bahkan tahi gergaji kering, yang penting alas kandangnya dalam keadaan kering.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, para ilmuan telah banyak melakukan percobaan terhadap tikus hias Jepang ini. Hingga kini, telah banyak jenis tikus hias Jepang yang ada di seluruh dunia. Diantaranya adalah tikus hias Jepang Hitam, tikus hias Jepang abu-abu, tikus hias Jepang coklat, tikus hias Jepang emas, dan tikus hias jepang jidat putih. Mari kita bahas satu persatu hewan hias dari Jepang ini.

1. Tikus Hias Jepang Putih
Tikus ini adalah tikus hias yang paling sering kita temui dipasaran. Harga tikus ini relatif murah. Tikus ini cocok bagi sobat yang masih awam dalam pemeliharaan tikus hias Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan jika sobat ingin memilih tikus hias Jepang jenis lainnya.

2. Tikus Hias Jepang Hitam
Dari segi fisik, tikus ini sangat mirip sekali dengan tikus hias Jepang putih. Yang membedakannya hanyalah pada warnanya saja. Tikus hias Jepang Hitam memiliki bulu berwarna hitam legam dan mengkilat. Bulu dibagian perutnya berwarna putih. Karena jenis tikus hitam ini masih sangat jarang di temui di pasaran, maka harganya juga tergolong cukup mahal.

3. Tikus Hias Jepang Abu-abu
Meskipun warna tikus ini Abu-abu, tidak menjadikan hewan ini terlihat kusam. Warna abu-abu pada tikus ini terlihat mengkilat. Tikus ini juga sangat jarang di jumpai di pasaran sehingga harganya pun tergolong cukup mahal.

4. Tikus Hias Jepang Cokelat
Warna bulu tikus hias Jepang ini adalah cokelat. Sama seperti tikus hias Jepang abu-abu dan tikus hias jepang hitam, tikus ini juga sangat jarang di jumpai di pasaran.

5. Tikus Hias Jepang Emas
Warna yang dimiliki oleh tikus ini sangatlah cantik sekali. Dengan memiliki bulu yang berwarna kuning keemasan tikus ini menjadi tikus hias Jepang yang paling mahal dari jenis yang lainnya.

6. Tikus Hias Jepang Belang Jidat Putih
Ini jenis tikus yang memiliki tanda khusus pada kepalanya. Tanda khusus itu berupa warna putih yang terdapat pada jidatnya. Hal ini yang membuat tikus hias Jepang jenis ini cukup istimewa. Sama seperti tikus hias Jepang Emas, tikus ini juga sangat jarang ditemui dipasaran.

Ada banyak macam pilihan tikus hias Jepang yang dapat dipilih sebagai peliharaan dirumah. Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kantong sobat yaa. Demikian lah ulasan dari team binatang.net mengenai pelihara tikus hias jepang. Semoga dapat bermanfaat bagi bagi sobat yang ingin mencari tikus peliharaan. Terimakasih.

Kata kunci pencarian:

Related Posts