Informasi tentang Harimau Siberia (2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, “Informasi tentang Harimau Siberia (1)“.

Masa kehamilan harimau Siberia betina adalah 3-3,5 bulan. Harimau betina melahirkan sekali setiap dua tahun pada setiap titik sepanjang tahun. Terdiri dari 2-6 anak setiap melahirkan. Ibu harimau akan merawat anaknya seorang diri, di kali, meninggalkan bayi sendirian sementara ia berburu. Seringkali dia tidak dapat menangkap makanan yang cukup untuk anaknya, hingga beberapa anaknya mati.

Pada usia 3 bulan, anak harimau akan bisa meninggalkan tempatnya, mereka bahkan dapat pergi berburu dengan ibu mereka. Pada usia 18 bulan, mereka dapat berburu sendiri, tetapi tidak akan meninggalkan ibu mereka. Ketika mereka mencapai 2-3 tahun, mereka akan meninggalkan sarang dan mulai hidup sendiri.

Status konservasi

Hanya ada 400-500 harimau Siberia yang tersisa di dunia, dan mereka dianggap terancam punah oleh IUCN Red List. Salah satu penyebab dari populasinya yang semakin sedikit ialah mereka kehilangan habitat akibat penebangan hutan. Selain itu, harimau Siberia juga sering diburu, untuk bulu mereka dan bagian tubuh lain yang digunakan untuk obat-obatan tradisional.

Upaya telah dilakukan untuk mengekang perburuan harimau dan untuk melindungi habitat harimau. Banyak negara, termasuk Amerika Serikat, telah menciptakan undang-undang yang melarang impor dan penjualan bagian tubuh harimau. Ada juga program pemuliaan untuk membantu mempertahankan populasi harimau.

 

Sumber: Animal Fact Guide, Buzzle

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment