Infeksi Mata pada Kucing

Melihat kucing Anda mengedip tak seperti biasa, menggosok mata atau keluarnya kotoran dari mata, bisa jadi itu tanda-tanda dari infeksi mata. Masalah mata pada kucing disebabkan oleh pengantar infeksi seperti bakteri atau virus, sehingga Anda perlu waspada untuk tanda-tanda tersebut.

Penyebab Infeksi Mata pada Kucing

Banyak proses yang dapat mempengaruhi mata kucing, virus dan bakteri merupakan penyebab paling umum dari penyakit mata pada kucing. Setiap kucing yang berada dalam kontak dekat dengan kucing lain akan berisiko terkena, karena virus dan bakteri sulit untuk dikontrol dalam lingkungan yang penuh sesak.

Pada kucing yang masih muda, bakteri dan virus dapat menyebabkan infeksi mata, Chlamydia dan Mycoplasma adalah dua bakteri umum yang pernah didiagnosis. Juga virus herpes tipe 1 sering menjadi pelakunya, tapi virus lain seperti calicivirus juga dapat berperan dalam infeksi mata pada kucing. Infeksi ini paling sering terlihat pada kucing muda dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan mereka yang terkena memiliki lingkungan dengan tingkat stress yang tinggi seperti tempat penampungan kucing.

Pada kucing yang lebih tua, infeksi mata dapat menimbulkan masalah lain. Luka berat pada mata, penyakit autoimun, kanker, dan infeksi virus sistemik seperti leukemia kucing dan feline immunodeficiency virus (FIV).

Gejala Infeksi Mata pada Kucing

-Bagian putih mata dapat berubah menjadi merah.
-Kotoran keluar dari mata mungkin ada, kuning atau bahkan hijau. Mengedip-edip atau menggosok-gosok mata.
-Kelopak mata mungkin menonjol dan menutupi bagian mata yang teriritasi.
-Kucing Anda mungkin memiliki tanda-tanda lainnya seperti infeksi saluran pernapasan, seperti bersin atau pilek.

Diagnosis Infeksi Mata

Kunjungan ke dokter hewan adalah kunci untuk melakukan diagnosis yang akurat. Pemeriksaan akan mengevaluasi mata untuk tanda-tanda yang terjadi, mencari tanda-tanda sistemik dari infeksi saluran pernapasan, dan mengevaluasi semua struktur mata.

Jika masalah sistemik dicurigai, dokter hewan dapat merekomendasikan pengujian tambahan atau bloodwork untuk memastikan tidak ada masalah yang lebih besar yang perlu ditangani.

Pengobatan untuk Infeksi Mata pada Kucing

Infeksi dari bakteri dapat diobati dengan antibiotik, biasanya dalam bentuk salap atau tetes. Pengobatan oral biasanya tidak direkomendasikan.

Sementara infeksi mata dari virus, banyak dokter hewan masih merekomendasikan antibiotik topikal untuk kucing. Kasus yang parah mungkin memerlukan penggunaan obat anti-virus.

Sangat penting untuk diingat bahwa masalah mata banyak terlihat sama pada kucing, pemeriksaan fisik dari dokter hewan sangat penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat. Jaga kebersihan kucing Anda untuk menjauhi infeksi mata. Jessica V/Petfinder

Kata kunci pencarian:

Related Posts