Hewan Peliharaan Juga Butuh Donor Darah!

Tranfusi darah untuk manusia mungkin sudah menjadi hal yang biasa di tanah air. Di luar negeri, tepatnya di tanah Inggris, para dokter hewan pun kini berusaha untuk mengajak pecinta binatang untuk turut mendonorkan darah hewan peliharaannya.

Untuk menyumbangkan darahnya, tentu saja para hewan pendonor itu tak dibawah ke PMI atau lembaga sejenisnya. Namun para hewan tersebut bisa dibawa ke dokter hewan terdekat. Oleh karena itu, dokter hewan di Inggris pun berusaha mengajak kepada para pemilik anjing agar mengajak hewan kesayangannya untuk donor darah.

Satu donasi darah dari seekor anjing dapat menyelamatkan anjing lain yang berada dalam kondisi kritis. Kegiatan pengumpulan donasi darah para anjing tersebut kini mulai digagas oleh seorang pengajar di Jurusan Dokter Hewan Myerscough College bernama Helen Rooney.

Rooney mengatakan bahwa jenis pasien anjing yang membutuhkan donasi darah sangat beragam. Bisa saja anjing tersebut menjadi korban tabrak lari atau tengah membutuhkan operasi karena suatu penyakit. Dan dengan adanya tranfusi darah, Rooney mengatakan bahwa kesempatan untuk bertahan hidup anjing tersebut akan semakin bertambah.

Semua anjing pun bisa mendonorkan darahnya. Dan seperti halnya manusia, tentunya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah berusia antara satu hingga delapan tahun dengan bobot tak kurang dari 25 kilogram. Selain itu, anjing tersebut harus dalam kondisi sehat atau tidak dalam masa pemulihan. Anjing juga diharuskan tak pernah bepergian ke luar negeri.

Hmm… apakah kamu juga tertarik untuk mendonorkan darah anjing kesayanganmu?

Sumber: Lep

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment