Hewan Kuskus, Pemalas Nan Menggemaskan

Bingung cari hewan kesayangan baru? Kucing atau anjing sudah biasa, mungkin hewan kuskus bisa dijadikan pilihan. Hewan bermuka bundar dan bermata bulat, bulu halus dan lebat, serta telinga yang kecil. Kuskus masuk dalam golongan mamalia. Ia memiliki kantung seperti kantung milik tokoh kartun Doraemon di perutnya. Fungsi kantong itu sama dengan kantong yang dimiliki kangguru, kantung tidur yang nyaman dan tempat bertumbuh yang aman sampai anaknya bisa hidup mandiri.

Ciri unik lain yang dimiliki hewan kuskus adalah ekornya yang panjang. Tidak hanya panjang tapi juga kuat untuk membantunya berpindah dari satu dahan ke dahan lain atau sebagai alat perlindungan dan pertahanan diri. Kuskus bukan hewan pemalu, saat didekati manusia, ia tidak langsung lari dan sembunyi tapi dia akan tetap ada di tempat dan diam saja. Jalannya pun lambat sehingga pantas jika hewan lucu ini disebut sebagai pemalas.

Untuk merawat hewan kuskus tidak terlalu sulit namun juga tidak gampang. Hewan ini mudah stres. Dan jika sudah stres ia tidak akan mau makan dan akhirnya mati. untuk menjaganya tetap sehat dan bahagia, perlu untuk anda perhatikan tips berikut:

  1. Buatkan kandang yang mirip habitat aslinya di hutan agar ia bisa memanjat dan bermain di dahan-dahan.
  2. Kuskus menyukai rasa yang manis, untuk itu berikan buah-buahan manis sebagai makanan hewan kuskus.
  3. Kalau sudah terlihat kotor, kuskus juga perlu mandi. Sebaiknya pakai shampoo bayi yang lembut untuk memandikannya.

Karena hewan kuskus termasuk hewan yang dilindungi, anda wajib memikirkan masak-masak sebelum memelihara hewan malam ini. Jika berniat mengadopsinya anda harus mendaftarkan izinnya agar anda tidak kena masalah karena memelihara hewan dilindungi tanpa izin yang jelas. Semoga tips di atas dapat membantu anda menemukan, merawat, dan menjaga hewan lucu ini dengan baik. Hati-hati, dia tidak galak tapi kalau terkena gigitannya sakit juga,lho!

Sekian tentang hewan kuskus, semoga bermanfaat bagi para pecinta binatang.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment