Hewan Endemik Indonesia, Perlu Dijaga Bersama

Hewan Endemik Indonesia merupakan hewan yang patut kita hargai dan banggakan karena hewan tipe ini hanya dapat ditemukan di Indonesia saja, bukan di tempat lain. Penyebaran fauna jenis ini menyebar di seluruh Indonesia. Hewan endemik sendiri merupakan hewan unik yang terbentuk akibat tuntutan alam geografi di tempat dia tinggal. Tingkat hewan endemik di Indonesia sendiri termasuk tinggi dan terbagi menjadi beberapa tingkatan.

Namun, meski hewan endemik Indonesia tergolong banyak, sebagian besar di antaranya terancam punah bahkan ada yang sudah punah. Untuk itu perlu diupayakan adanya tindakan untuk penyelamatan hewan-hewan asli Indonesia ini. Data dari badan konservasi dunia, IUCN (International Union for Conservation of nature and nutural Resources), ada sekitar delapan ratus spesies yang harus dijaga kelestariannya.

Untuk mengetahui hewan endemik Indonesia, kami punya beberapa daftarnya :

  1. Hewan endemik Jawa: badak bercula satu, banteng, burung cerek, owa, kancil.
  2. Hewan endemik Sumatera: badak sumatera, kelinci sumatera, harimau sumatera, oranghutan sumatera, cecurut sumatera.
  3. Hewan endemik Kalimantan: katak kepala pipih, kucing merah, pesut Mahakam, bekantan, lutung merah.
  4. Hewan endemik Papua: kura-kura reimani, burung cendrawasih, kasuari kerdil, kanguru pohon mbaiso, hiu karpet berbintik.

Dengan adanya perubahan perilaku manusia dan berbagai macam perubahan kondisi iklim saat ini, dapat mengancam kehidupan hewan endemik Indonesia. Populasi dapat terus merosot dan akhirnya berdampak pada kepunahan hewan itu sendiri. Melestarikan mereka bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan badan pelestarian saja, kita juga harus turut andil menjaga harta yang telah diwariskan oleh alam. Tidak dapat dipungkiri juga manusia adalah salah satu pemangsa terbesar yang menyebabkan jumlah hewan-hewan ini semakin langka setiap tahunnya.

Pecinta Binatang

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment